Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Menuju Peradaban Emas (ESQ)

parenting-3

Menuju Peradaban Emas

ESQ mempunyai visi terciptanya Peradaban Emas melalui The ESQWay 165, sehingga masyarakat di manapun menjadikan 7 Budi Utama yaitu: Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli sebagai karakter bangsa.

Alumni ESQ

Salah satu kekuatan ESQ adalah alumni. Dari waktu ke waktu jumlahnya terus bertambah,  hingga awal 2009 telah mencapai 600.000 alumni. Selain jumlah yang fenomenal dan terus bertambah, alumni sangat berperan dalam membangun Peradaban Emas yang dicita-citakan. Dengan dibentuknya Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ, para alumni di seluruh Indonesia dan di luar negeri dapat saling bertemu, bersilaturahmi, menyatukan visi dan misi, serta menggalang berbagai potensi yang dimiliki.

Keberagaman target pelatihan ESQ, mulai dari dewasa hingga anak-anak, pemimpin negara hingga ibu rumah tangga, juga para professional dan praktisi di dunia bisnis, menjadikan alumni ESQ  sumber daya yang kuat dalam melakukan total action untuk bangsa, negara, dan agama. Walaupun datang dari berbagai latar belakang, para alumni bersatu direkatkan oleh nilai-nilai spiritual yang menjadi landasan dalam setiap gerak langkahnya. Inilah bukti nyata ESQ sebagai oksigen yang hadir di mana-mana dan memberikan kesejukan serta kontribusi dalam kehidupan berbagai komponen bangsa.

Saat ini forum komuniksi ESQ telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Bahkan pada 2006, ESQ mencatat sejarah baru dengan berhasil membentuk FKA ESQ di luar negeri. Berbagai kontribusi positif telah dilakukan ESQ untuk kepentingan masyarakat melalui program pemberdayaan di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Program-program tersebut diantaranya: ESQ Peduli Pendidikan, Peduli Kesehatan, aksi Peduli Gempa, Lentera 165 yaitu program pemberian dana bergulir bagi masyarakat yang tidak mampu, AWAL (Aksi Wakaf Al Quran), Beasiswa SOS (Satu Orang Satu, yaitu satu orang alumni membiayai satu orang anak asuh),UPZ (Unit Pelayanan Zakat) dan masih banyak aksi sosial lainnya.

Menara 165

Menara 165 berlokasi di Jalan TB. Simatupang, Jakarta Selatan, Indonesia. Gedung ini didirikan sebagai simbol semangat membangun Peradaban Emas. Sebagai pusat kebudayaan ESQ, Menara 165 menjadi wadah untuk membangun 7 Budi Utama ESQ yaitu: Jujur, Tanggung jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli sebagai karakter bangsa. Menara 165 selain  akan menjadi tempat penyelenggaraan training ESQ juga menjadi pusat seluruh kegiatan Alumni ESQ. Di Menara165, Alumni akan menjalin kerjasama untuk membangun kekuatan ekonomi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lapisan bawah seperti kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

Saat ini, Menara165 dibangun dan dikelola secara profesional oleh PT. Grha165 sebagai perusahaan terbuka yang terdaftar di BAPEPAM. Sebagian besar saham PT. Graha 165 dimiliki oleh Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Yayasan ini didirikan oleh para Alumni ESQ untuk mengelola kegiatan sosial bagi kaum dhuafa dan anak yatim.

17 May 2009 - Posted by | Lintas Informasi | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: