Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Cara Gampang Bikin Facebook Menempel di Ponsel

TEMPO Interaktif, Jakarta – Beberapa produsen ponsel kini jorjoran menyediakan aplikasi baru. Salah satu yang jadi barang jualan adalah aplikasi Facebook dan jaringan pertemanan lainnya. Mereka memang jeli melihat meroketnya jumlah pengguna jaringan tersebut.

Alhasil, sejumlah ponsel keluaran terbaru telah memiliki aplikasi Facebook. Mereka menyebutnya Facebook Connect. Jadi konsumen tidak perlu lagi menjangkaunya melalui browser atau peramban, yang membuat lelet melongok status. Berikut ini informasi dan beberapa tip aplikasi Fasebook untuk ponsel.

iPhone: Dari 2.0 ke 3.0

Aplikasi Facebook untuk iPhone bisa diperoleh di App Store maupun diunduh lewat situs Facebook. Aplikasi ini sudah dikembangkan dalam beberapa versi, misalnya versi 2.0 sampai 2.2 dan yang akan segera meluncur versi 3.0. Apple membuatnya rapi sistematis.

Menu-menu yang terdiri atas Newsfeed, Profile, Friends, Inbox, Chat, Request, Events, Photos, dan Pages disusun vertikal dalam tiga deret. Dari tampilan menu pengguna bisa langsung melihat berapa pesan di Inbox dan notifikasi yang akan muncul pada bagian terbawah layar.

Cara mendapatkan aplikasi ini tidak sulit. Unduh dan instal di iPhone lewat Facebook atau App Store. Setelah itu, tinggal mengisi nama akun dan kata kunci. Namun, versi untuk iPhone ini memiliki beberapa kelemahan. Lambat dioperasikan dan bermasalah. Misalnya pada versi 2.1 aplikasi ini hang jika pengguna mengakses menu tertentu, seperti notifikasi atau ketika hendak menampilkan seluruh foto.

Pada versi 3.0, kabarnya akan dibekali menu yang lebih lengkap. Misalnya Events, dan pengguna dapat langsung melakukan RSVP. Menu lainnya yang ditambahkan adalah Notes, Pages, Create New Photo Albums, Upload Photos to Any Album, dan lainnya sampai 15 menu baru.

BlackBerry Versi 1.6

Aplikasi terbaru Facebook untuk BlackBerry adalah versi 1.6. Versi ini lebih canggih dibanding sebelumnya karena dilengkapi fungsi sinkronisasi otomatis untuk menu tertentu, seperti kontak dan kalender. Versi ini juga mengubah cara-cara mengakses menu Facebook yang sudah biasa.

Sebagai contoh, untuk menuliskan komentar pada foto dalam sebuah album, pengguna harus mengklik foto tersebut. Setelah itu, akan muncul barisan menu yang bisa dipilih. Cara ini hampir sama dengan cara mengakses menu pada ponsel.
Ada pula dukungan Feed, Wall Updates, melihat dan berkomentar pada dinding teman, atau menampilkan serta mengomentari foto. Tak hanya itu, terdapat 16 macam bahasa termasuk, bahasa Indonesia.

Sayangnya, hanya BlackBerry yang memiliki memori 64 megabita dan sistem operasi seri 4.2 atau setelahnya yang dapat memakai versi 1.6. Aplikasi ini juga tidak bisa dijalankan di perangkat yang navigasinya masih berbentuk roda.

Pengguna versi 1.6 dapat pula mengkoneksikan akun Facebook dengan aplikasi BlackBerry Calendar, BlackBerry Message, dan BlackBerry Connect. Jika aplikasi ini diaktifkan, beberapa hal akan dilakukan ponsel BlackBerry Anda:

– Setiap kontak baru ditambahkan di Facebook otomatis masuk ke daftar kontak BlackBerry. Demikian juga perubahan foto profil dan informasi teman-teman di Facebook. Sebaliknya untuk menemukan teman baru, daftar kontak di BlackBerry akan dikirimkan ke Facebook.

– Setiap ada notifikasi baru muncul di Facebook, notifikasi ini akan muncul juga di aplikasi Facebook Message.

– Ketika ada event baru yang dikirimkan ke akun Facebook pengguna, event ini langsung dimasukkan ke daftar Facebook Calendar.

Hanya Nokia Symbian

Meski pengguna ponsel Nokia terbesar jumlahnya, sayang, belum banyak aplikasi Facebook pada ponsel ini. Berikut ini beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan:

– FBook dari MessMo. Versi gratis dari aplikasi ini bisa diperoleh di http://www.nokiasymbianthemes.com/. Aplikasi ini dilengkapi fitur cukup lengkap. Pengguna bisa mengirimkan gambar atau video dan tindakan lainnya langsung dari ponsel. Aplikasinya cukup ringan karena berbasis Java dan tidak menyerap banyak pulsa. Perangkat yang bisa menjalankan aplikasi ini adalah Symbian S60 edisi ketiga dan S40.

– Baru-baru ini Nokia meluncurkan aplikasi resmi. Tampilannya mirip aplikasi Facebook yang dipasangkan pada seri Nokia N97. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis via Ovi Store. Hampir semua fitur umum di Facebook bisa dijalankan, termasuk mengunggah foto dan video, membuat album foto, menjadi fan dari Pages, atau menerima notifikasi di ponsel. Namun, aplikasi terbaru ini hanya diperuntukkan bagi ponsel-ponsel Nokia yang berbasis Symbian S60 edisi kelima, seperti Nokia N97 dan Nokia 5800 Xpress Music.

Facebook di PDA atau Ponsel Windows Mobile

Berbeda dengan Symbian, aplikasi Facebook untuk sistem operasi Windows Mobile cukup banyak. Bahkan Microsoft juga menciptakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis situs mereka: http://www.microsoft.com/.

– Facebook App dari Microsoft memiliki fungsi yang lengkap dan tampilan khas Windows Mobile. Selain fungsi standar, seperti menulis pesan, dengan aplikasi ini pengguna bisa mengunggah foto dan video langsung dari ponsel. Fungsi lainnya termasuk memperbarui profil. Aplikasi ini bisa dijalankan di perangkat bersistem operasi Windows Mobile standar maupun profesional. Namun, aplikasi ini sangat lambat ketika dijalankan.

– Selain versi untuk windows 6.1, Microsoft juga mengembangkan aplikasi untuk Windows Mobile 6.5, yang sudah bisa diunduh di situsnya. Namun, ini baru versi uji coba sehingga masih banyak kelemahan. Misalnya aplikasinya tidak bisa diinstal di kartu memori. Namun, aplikasi ini memiliki fitur yang menarik. Salah satunya, pengguna bisa langsung menelepon dari halaman Phonebook yang ada di Facebook.

– FriendMobilizers dari Macrospecs salah satunya. Kelebihan aplikasi ini, tampilannya sederhana tapi fungsinya cukup lengkap. Misalnya melihat profil, mem-poke, menulis di wall, menampilkan foto dan lainnya. Notifikasi dari Facebook juga akan muncul pada layar utama ponsel. Kekurangannya, aplikasi ini belum memiliki fungsi mengunggah foto. FriendMobilizers bisa diakses di http://www.faceofmobile.com.

Facebook di Ponsel Android

Yang sudah meluncur sampai saat ini adalah Bloo, aplikasi Facebook yang berjalan di sistem operasi Android. Bloo pertama kali diluncurkan dengan versi 1.3 dan akan diperbaiki dalam versi berikutnya 1.3.1.

Kelebihan aplikasi ini pada kecepatannya. Salah satu fiturnya bahkan memungkinkan pengguna mencari dan menampilkan foto di galeri mereka dengan mudah.
Meski begitu, pengguna Bloo kesulitan jika ingin berpindah dari satu foto ke foto yang lainnya. Juga belum semua fitur pada Facebook bisa dijalankan. Bloo juga tidak gratis. Aplikasi ini bisa didapatkan di Android Market dengan harga US$ 1,49.

Sebelum Bloo, sebenarnya ada fBook besutan Next Mobile Web. Fitur unik yang ada di fBook adalah notifikasi yang dirancang agar bekerja layaknya push-mail. Pengguna bisa mengatur setiap berapa waktu sekali ponsel memeriksa apakah ada notifikasi baru.
Pengguna juga bisa mengatur agar, setiap muncul notifikasi, ponsel mengeluarkan bunyi dering atau bergetar. Kelemahan juga menyertai aplikasi ini. Keluhan yang sering muncul adalah halaman Facebook dengan menggunakan aplikasi ini sering kali ter-sign out dengan sendirinya.

31 August 2009 - Posted by | Elektronik, Handphone, Lintas Informasi, Trik & Tips | , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: