Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Ternyata Kelelawar Bernyanyi Selama “PDKT”

Liputan6.com, Texas: Anda mungkin sudah banyak mendengar jika kelelawar mengeluarkan suara untuk mendeteksi benda yang ada di depannya. Namun kini bertambah satu lagi fungsi suara bagi hewan yang identik dengan superhero Batman ini. Suara yang kelelawar keluarkan ternyata tak melulu berfungsi sebagai pelacak benda, namun  juga sebagia penarik pasangan. Saat si pejantan tengah melakukan pendekatan ia akan menyanyikan lagu cinta untuk menarik sang betina.

Penemuan ini ditemukan sejumlah peneliti dari Departemen Biologi Texas A&M serta Universitas Texas. Untuk melakukan penelitian tersebut para ilmuwan membutuhkan waktu tiga tahun. Sebenarnya mendengar nyanyian cinta kelelawar adalah hal yang sulit, mengingat suara yang dikeluarkan adalah suara dengan frekuensi tinggi yang sangat sukar manusia dengar.

Meski begitu, ilmuwan berhasil merekam suara tersebut dengan peralatan yang mereka miliki. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan beberapa suku kata yang digunakan untuk bernyanyi dibentuk ke dalam tiga kelompok yaitu, siulan, dengungan, dan getaran bunyi. ScienceDaily melansir, kelelawar terbiasa melakukan hal itu untuk menarik pasangan mereka dan memperingatkan saingan mereka agar jangan ikut campur. Penemuan ini sendiri adalah pemuan baru, karena sebelumnya diyakini kelelawar tidak memiliki aturan bahasa dengan menggunakan frase tertentu.

Di kalangan hewan, hanya sejumlah hewan yang bernyanyi untuk menarik pasangannya. Paus dan burung yang termasuk diantaranya. Namun nyanyian cinta kelelawar ini memiliki karakteristik tertentu. “Kami telah mempelajari bagaimana kelelawar mengeluarkan vokal mereka. Ternyata sangat spesifik dan terpola. Kini kita punya model yang tak hanya dapat digunakan untuk mempelajari kesamaan komunikasi dalam dunia binatang, tetapi juga dalam dunia manusia”, ujar Kirsten Bohn, peneliti dari A&M.(AND)

1 September 2009 - Posted by | Cuap-Cuap, Lintas Informasi | , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: