Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Pasang Status di Facebook Jadi Target “Maling”

LONDON – Pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter harus ekstra hati-hati mencatumkan berbagai informasi pada akun mereka. Pasalnya pencuri dapat dengan mudah menelusuri posisi Anda untuk menyusun rencana merampok rumah Anda.

Jutaan pengguna Facebook dan Twitter memposting berbagai detail informasi mengenai rumah mereka dan rencana pergi berlibur. Alhasil, informasi tersebut seolah menjadi undangan bagi para perampok untuk ‘berkunjung’ ke rumah si pemilik akun situs jejaring yang tengah pergi berlibur.

Laporan dari sebuah lembaga bernama Digital Criminal menyebutkan, para pelaku kejahatan memanfaatkan detail informasi tersebut untuk mencari waktu dan ancar-ancar yang tepat untuk merampok.

Digital Criminal telah melakukan poling terhadap sekira 2.000 pengguna situs jejaring sosial dan menemukan, dua dari lima pengguna Facebook mencantumkan detail rencana berlibur mereka. Di antara mereka, hampir dua pertiganya terdiri dari pengguna berusia 16 hingga 24 tahun.

“Oleh karenanya, tak heran jika kini banyak perampok memanfaatkan situs jejaring untuk menemukan mangsa,” kata presenter acara Beat The Burglar, Michael Fraser, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (27/8/2009).

Fraser menambahkan, para pencuri semakin percaya diri karena mereka telah mempelajari situasi rumah dan barang-barang apa yang akan mereka curi.
(rah)

2 September 2009 - Posted by | Cuap-Cuap, Lintas Informasi | , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: