Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Cara Atasi Error Hasil Copy Paste Kode Dari Posting WordPress

Kenapa sampai ada pesan error dari blogger? itu karena anda meng copy paste kode dari postingan blog yang menggunakan mesin WordPress bukan dari postingan blog yang menggunakan mesin Blogger. Lho… ko ada apa dengan mesin worpress. Begini, antara mesin wordpress dengan blogger tentu saja ada perbedaan, begitupun dengan mesin posting nya. Jika anda menuliskan kode atau script semisal HTML ataupun javascript di dalam postingan, maka tanda kutip satu ( ‘ ) ataupun tanda kutip dua ( ” ) akan secara otomatis di ubah. Apakah terlihat perubahannya? perubahannya tidak terlalu terlihat namun memang ada. tanda kutip yang asli bentuknya hampir tegak lurus dan kalau yang sudah di ubah, bentuk tanda kutif akan terlihat miring.

Kenapa hanya di karenakan bentuknya yang miring tapi fatal kejadiannya? tentu saja ini fatal, karena tanda kutif yang sudah di ubah oleh mesin posting wordpress tadi tidak di anggap atau bukan bagian dari bahasa perintah suatu script. Bagaimana cara mengantisipasinya? cara menantipasinya adalah tentu saja anda harus mengubah tanda kutip yang ada pada kode hasil dari copy paste dengan tanda kutip yang baru, berikut adalah ilustrasi dengan memakai bantuan gambar :

kode

Jika anda cermati gambar di atas, terlihat bahwa kode script hasil dari copy paste, tanda kutipnya terlihat bengkok-bengkok dan tanda kutip yang sudah di perbaiki terlihat tekag lurus. Sedikit tips dari kang rohman untuk lebih mempercepat penggantian tanda kutip tersebut adalah dengan menggunakan fasilitas replace, caranya adalah seperti ini :

  1. Copy paste kode yang mau di ubah ke dalam notepad.
  2. Klik menu Edit yang ada di bar menu bagian paling atas. Setelah keluar option pilihan, pilih Replace….
  3. replace option

  4. Copy tanda kutip dua ( “ ) yang ada (yang mau di ubah), kemudian paste pada kolom find what (ingat! harus di copy paste, jangan di ketik). Ketik tanda kutip dua ( ” ) secara manual dari keyboard anda pada kolom Replace With. Kemudian klik pada tombol Replace All, maka secara otomatis seluruh tanda kutip dua ( “ ) akan di ubah semuanya dalam hitungan detik saja.
  5. replace all

  6. Ulangi langkah di atas untuk tanda kutip satu ( ‘ ).
  7. Selesai.

Perlu di perhatikan pula bahwa hasil pengubahan oleh mesin wordpress tersebut mengubah tanda kutip satu (‘) dan kutip dua ( ” ) menjadi dua bentuk yaitu berdiri dan terbalik ( silahkan perhatikan benar-benar kodenya ), sehingga ketika melakukan langkah di atas anda harus melakukan unutk ke empat bentuk tersebut.

Langkah di atas bisa lebih mempersingkat kerja anda, karena walaupun tanda kutip berjumlah ribuan akan di ubah secara otomatis hanya dalam beberapa detik saja. Langkah selanjutnya tentu saja adalah kode yang di ubah sudah siap untuk di pasang pada template anda.

Buat anda pengguna wordpress.com yang suka menuliskan kode atau script di dalam postingan, agar terhindar dari hal yang tidak menyenangkan karena pembaca anda banyak yang berkomentar mengalami kegagalan ketika mengcopy paste kode dari anda, alangkah baiknya menyimpan script yang asli pada server lain semisal google pages. (Dari Berbagai Sumber)

13 September 2009 - Posted by | Cuap-Cuap, Komputer, Lintas Informasi, Trik & Tips | , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

1 Comment »

  1. saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul , Aerona

    Comment by John | 13 August 2015 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: