Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Mitos Seputar Tanggal 9/9/2009

WASHINGTON – Tepat pada hari ini, sembilan Sepetember 2009 (9/9/09) menjadi hari yang diwarnai berbagai cerita yang tak jelas kebenarannya.

Di Tanah Air sendiri, salah seorang peramal memperkirakan pada tanggal 9/9/2009 akan terjadi gempa. Bagaimana dengan yang terjadi di negara lain? mereka pun punya kisahnya masing-masing.

Dikutip dari Live Science, Rabu (9/9/2009), di luar negeri banyak pasangan calon pengantin yang sengaja menikah pada hari ini. Alasannya bermacam-macam, ada yang mengharap keberkahan dan ada pula yang sengaja merayakan kehadiran angka istimewa pada kalender tahunan.

Di Florida, setidaknya ada satu wilayah di daerah tersebut yang menawarkan paket pernikahan istimewa seharga USD99,99. Sementara itu dalam dunia gadget dan teknologi, jenis iPod terbaru dari perusahaan teknologi Apple diluncurkan hari ini. Pencipta iPod menggeser hari perilisan produk yang biasanya mereka lakukan hari Selasa menjadi Rabu, demi mendapatkan momen spesial dari angka 9/9/2009.

Dalam sejarah kekaisaran China, angka sembilan menjadi keistimewaan yang muncul di berbagai ornamen arsitektur dan pakaian kerajaan. Contohnya, patung naga yang terpajang di setiap sudut kekaisaran meliukkan tubuh membentuk angka sembilan. Bahkan, konon kompleks wilayah kekaisaran yang dikenal dengan sebutan Forbidden City atau Kota Terlarang di Beijing memiliki 9.999 ruangan.

Secara teknis, sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan tanggal ini. Dalam beberapa kepercayaan masyarakat kuno, angka sembilan dipercaya sebagai angka keberuntungan. Sementara kebudayaan lain ada pula yang mempercayainya sebagai hari kesialan.

Di sisi lain, ahli hitung-hitungan modern yang berpikir di luar semua hal diatas percaya bahwa kemistikan angka  sembilan bisa diformulasikan dengan rumusan matematika yang unik.

Contohnya, dua digit angka yang dihasilkan oleh perkalian antara angka sembilan dengan angka tunggal lainnya akan menghasilkan angka sembilan.

Mereka mencontohkan, 9 x 3 = 27, 2 + 7 = 9

Jika dikalikan dengan angka lain yang berjumlah dua, tiga atau empat digit, jumlahnya juga bisa dipecah dan ditambahkan. Hasilnya akan menghasilkan angka sembilan.

Contoh, 9 x 62 = 558, 5 + 5 + 8 = 18, 1 + 8 = 9

Anda percaya dengan cerita-cerita diatas? Boleh percaya boleh tidak, namanya juga mitos.

13 September 2009 - Posted by | Cuap-Cuap, Lintas Informasi | , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: