Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Monyet Pun Bereaksi Dengar Musik Metal

WASHINGTON – Musik sudah lama diketahui dapat mempengaruhi emosi seseorang yang mendengarnya. Bukan manusia saja yang bisa terpengaruh oleh alunan musik, monyet pun demikian. Terutama, monyet akan langsung bereaksi ketika mendengarkan musik metal.

Kesimpulan ini merupakan hasil studi terbaru yang dilakukan ilmuwan di AS terhadap monyet cotton-top tamarin di Amerika Selatan. Mereka menyebutkan, pada dasarnya monyet kebal terhadap jenis-jenis musik yang umum sering didengarkan oleh manusia.

Namun studi ini mengemukakan pendapat yang berbeda. Uniknya ada satu jenis musik yang dominan dalam mempengaruhi emosi monyet, yaitu musik metal.

NPR, Kamis (3/9/2009) melansir, dalam studi ini monyet diperdengarkan beragam jenis musik yang menggambarkan berbagai emosi yang berbeda-beda seperti rasa takut, tertekan, rasa persaudaraan, keramah tamahan, rasa aman, gembira dan lain-lain.

Ketika lagu-lagu diputar, monyet tamarin bereaksi sesuai dengan pesan dalam setiap alunan musik yang didengarkannya. Yang mengejutkan, reaksi mencolok muncul ketika monyet diperdengarkan jenis lagu heavy metal yang dinyayikan kelompok musik Metallica. Selain Metallica, mereka juga diperdengarkan musik metal lain milik Bach, Led Zeppelin dan Miles Davis.

“Monyet langsung bereaksi dan memperlihatkan rasa cemas. Mereka bergerak lebih cepat dan terus mondar mandir,” kata profesor psikologi Chuck Snowdown dari University of Wisconsin.

Dalam studi itu juga diketahui bahwa monyet bisa menunjukkan perbedaan dari setiap jenis musik yang didengarnya. Selama lima menit setelah mendengarkan musik yang bagi mereka menakutkan, monyet kemudian memperlihatkan kecemasan

Sebaliknya, monyet yang mendengarkan musik bertema rasa persaudaraan dan kegembiraan akan bergerak perlahan dan terpacu untuk lebih banyak makan. Kedua hal ini menunjukkan tanda bahwa mereka mengalami efek yang menggambarkan ketenangan. (rah)

13 September 2009 - Posted by | Cuap-Cuap, Humor, Lintas Informasi | , , , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: