Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Kopi Bermanfaat Asal Sesuai Takaran

KOPI ternyata punya efek positif bagi tubuh, yakni sebagai stimulan pada penampilan fisik dan mental dan antioksidan. Namun, sebaiknya konsumsi dengan takaran tepat atau tidak berlebihan.

Guru Besar dari Departemen Ilmu & Teknologi Pangan, FATETA Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Deddy Muchtadi MS mengatakan, kopi mempunyai manfaat positif bagi tubuh, asalkan dikonsumsi dalam proporsi tepat.

“Manfaat kopi bisa memberi efek stimulan pada penampilan fisik dan mental serta sumber antioksidan,” tandas ahli pangan ini di peluncuran Terobosan Inovasi Teknologi Pengolahan kopi beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Deddy, kopi merupakan sumber alami antioksidan, terutama kandungan polifenol yang lebih banyak dibandingkan teh. Polifenol membantu melawan radikal bebas yang berpengaruh terhadap penuaan sel di dalam tubuh.

“Kopi dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menghilangkan rasa lelah dan kantuk, serta memberikan pengaruh positif pada suasana hati,” ucap Deddy yang pernah menjabat sebagai Manajer Penelitian Center for Food and Nutrition Study (CFNS)-IPB ini.

Saat ini banyak mitos negatif karena mengonsumsi kopi. Misalnya menjadi ketagihan, padahal itu merupakan mitos yang salah.

“Sejauh ini tidak terdapat bukti bahwa penggunaan kafein akan menimbulkan ketagihan (adiktif) seperti halnya serious drugs of abuse,” ungkapnya berdasarkan data dari WHO.

Selain itu, ada pula mitos yang mengatakan kopi menyebabkan keropos tulang (osteoporosis), dan hal tersebut tidak benar. Pada 1994 komisi penasihat NIH (National Institute of Health) USA menyimpulkan bahwa kafein tidak memengaruhi penyerapan maupun ekskresi kalsium.

“Banyak penelitian yang melaporkan tidak adanya hubungan antara mengonsumsi kafein secara moderat dengan densitas dan kandungan mineral tulang,” papar mantan ketua Jurusan Teknologi Pangan & Gizi,FATETA-IPB ini.

Dia juga menambahkan, mitos lainnya adalah kopi menyebabkan hipertensi. Individu yang sensitif terhadap kafein mungkin akan mengalami peningkatan tekanan darah selama beberapa saat. Namun, National Research Council, USA menyertakan bahwa bukti yang menghubungkan mengonsumsi kopi dengan risiko penyakit jantung koroner ternyata lemah dan tidak konsisten.

“Jadi, jika sakit jangan salahkan kafein, tetapi lihat faktorpenyebabnya,” tutur Deddy.

Masih dijelaskan Deddy, kafein digolongkan sebagai senyawa GRAS (generally recognized as safe) oleh US-FDA sejak 1958. Namun, mengonsumsi kopi yang mengandung kafein pada orang dewasa sebaiknya dibatasi sampai 400 mg per hari.

“Di samping kafein, kopi juga mengandung asam fenolat (asam klorogenat dan kafeat), yaitu polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan,” katanya.

Asam fenolat (terutama asam klorogenat) dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghilangkan pengaruh negatif radikal bebas (peroksidasi lipida dan kerusakan oksidatif protein), yang dapat menjurus pada timbulnya penyakit degeneratif.
Bahkan di Jepang, kopi merupakan sumber utama antioksidan polifenol.

“Bagi yang sering mengonsumsi kopi dalam jumlah cukup banyak, mereka tidak usah khawatir terhadap pengaruh kafein bagi kesehatannya, asalkan memperhatikan gaya hidup seperti banyak mengonsumsi sayur, buah serta olahraga teratur,” saran Deddy.

Deddy juga mengatakan bahwa rasa kopi dipengaruhi aroma. Aroma kopi kompleks dan mudah menguap selama proses pengolahan. Selanjutnya, untuk memenuhi keinginan konsumen, Nestle meluncurkan produk baru kopi berteknologi ERA.

Peneliti dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (ICCRI) Dr Surip Mawardi SU menjelaskan, teknologi ERA “menangkap” aroma kopi yang menguap selama proses sangrai dan penggilingan, kemudian menyimpannya sampai akhir proses pengolahan.

“Ini sebuah terobosan teknologi yang mampu menghasilkan hasil terbaik dari biji kopi Indonesia,” ungkapnya.

18 February 2010 - Posted by | Cuap-Cuap, Trik & Tips | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: