Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Permasalahan Seputar USB

USB dan kaitannya sering bikin kita pusing juga, berikut ini rangkungan berbagai permasalahan yang sering dihadapi dengan USB dan sekitarnya. Rangkuman ini saya ambil dari berbagai media, permasalahan, komentar-komentar dan lain sebagainya.

Permasalahan yang sering dihadapai antara lain:

Bagaimana cara mengetahui apakah saya memiliki PC USB 2.0?
Untuk masalah ini telah saya bahas pada tulisan terdahulu, Cuma saya akan ulangi sedikit untuk mengetahui kecepatan USB kita. Anda dapat mengetahui apakah PC Anda telah Hi-Speed tidaklah sukar. Buka Device Manager dan pilih bagian Universal Serial Bus. Kalau ada komponen “Enhanced” USB host controller berate computer anda memiliki USB 2.0.

Khusus jika anda menggunakan windows 98 ke bawah mungkin namanya berbeda, karena untuk system ini tak tersedia driver untuk USB 2.0. Untuk mengaktifkan USB 2.0 di windows 98 anda harus menginstal driver dari bawaan produsen pembuatnya.
Saat ini terdapat produsen yang umum pembuat USB ini adalah:

  • ALi (Acer Labs)
  • Intel
  • NEC
  • SiS
  • VIA
  • nVidia

USB terdeteksi sebagai “unknown device” pada Device Manager?
Sering kita hadapi masalah UNKNOWN DEVICE saat kita menancapkan flasdisk atau media lainnya pada PC kita. Dari berbagai problem kemungkinan masalah tersebut bias disebabkan salah satu problem di bawah ini, namun juga bias dari factor lain yang belom dikenali.

  • Peralatan USB yang di tancapkan kemungkinan membutuhkan sumber daya/catu daya dari luar, cek apakah catu daya dari luar sudah ada, missal adaptor/betray/sumberdaya yang di mabil dari port USB yang lainnya.
  • Kalu kejadian ini terjadi pertama kalu (atau pada PC baru) boleh jadi karena proses perakitan yang sasalah pada koneski kabel port USB. Pada umumnya kabel yang menghubungkan port USB dengan board Mobo ada 4 bauah (warnanya biasanya merah, putih, hijau dan hitam) kalau sampai salah pasang maka semua peralatan yang tertanjap di port USB tak bekerja, malah bias menyebabkan kerusakan pada peralatan USB anda.
  • Cacat Komponen, jangan harap bahwa semua barang yang kita beli dalam keadaan bagus walaupn barang baru. Kadang kita membeli memang bias terjadi sudah dari bawaannya ada yang cacat. Mungkin kebetulan yang cacat tersebut adalah hanya Port USB 2.0 saja. Kalu barang anda baru dan proses instalasi dan betul masih saja mengalami kendala ini, kita boleh curiga kondisi seperti ini.
  • Semua driver belum terinstal dengan sempurna, walau proses instalai driver sudah berhasil dengan sempurna, dan Port USB sudah terdeteksi dengan baik, namun kadang kala ada perangkat USB pada saat pertama kali dihubungkan ke computer memerlukan proses instalasi driver yang berhubungan dengan port USB itu sendiri. Kadang kala saat instalasi masih meminta file sumber driver USB yang berada di master windows XP, dalam hal ini biasanya di CD Windows XP yg digunakan untuk install. Jadi selalu sediakan CD windows nya bila sewaktu2 diminta saat instalasi sebuah perangkat USB

Seberapa cepatkah USB 2.0?
USB 2.0 bisa memiliki kecepatan data sampai 480 Mbps, sekitar 40 kali lebih cepat dari pendahulunya yakni USB 1.1 yang hanya mampi sampai 12 Mbps saja. Awalnya USB 2.0 hanya meiliki kecepatan sekitar 240 Mbps.

Bisakah peralatan USB 2.0 terhubung dengan port USB 1.1 dan sebaliknya?
Pada prinsipnya bias, Cuma kecepatannya akan mengikuti kecepatan yang terlambat dari kedua belah pihak.

Baguskah menggunakan hub USB?
Bisa saja kita menggunakan hub USB namun kita harus memperhatikan betul fungsi dan efek dari penggunaan hub USB tersebut

.usb-with-power

  • Hub yang memiliki power sendiri lebih baik dari pada hub tak berpower sendiri.
  • Hub tak 100% memiliki kemampuan dan flesksibilitas seperti port USB aslinya yang ada di PC
  • Walapun kita bias memasang secara beruritan 4 hub namun sebaiknya kalau bias hindarilah pemakain hub
  • Banyak perangkat USB yang tidak berfungsi bila kita menggunakan HUB seperti Kamera, scanner dan terutama USB drive exsternal.

USB 2.0 akan mengganti USB 1.1?
Tidak sepenuhnya, karena banyak produk generik seperti keyboard, mouse, joysticks dan audio speaker tidak memerlukan kecepatan yang lebih cepat dari teknologi baru USB 2.0. Teknologi baru dari USB 2.0 cocoknya untuk peralatan-peralatan yang memerlukan transfer data dengan kecepatan tinggi.

Bagai mana membedakan antara USB 2.0 dan USB 1.1?
Untuk memebdakan biasanya produsen memasang logo pada komponen yang bersangkitan. Untuk USB 2.0 biasanya logonya ada tulisan “Hi Speed” pada logonya

.images

Berapa panjang maksimal kabel untuk USB 2.0?
Maksimal kita bias menggunakan kabel sepanjang 5 meter, namun jika kita menghubungkan 5 buah hub secara bertingkat dengan kabel 5 meter-an, kita bias mendapatkan panjang sampai 30 meteran.

23 February 2010 - Posted by | Elektronik, Komputer, Trik & Tips | , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: