Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Bagaimana Menggali Ide

Ide bisa datang sewaktu-waktu; kala melamun di siang bolong atau membaca buku. saat terbangun di malam buta atau bahkan sewaktu mengobrol dengan teman serta menghadapi berbagai masalah yang akhirnya bisa Anda selesaikan sendiri. Makin banyak problem, boleh jadi makin banyak ide yang datang. Meski begitu, bukan berarti Anda harus mencari-cari masalah, lho. Masalah digali untuk kemudian dicari pemecahannya. Dan kemudian jangan lupa pula untuk menuliskannya menjadi sebuah artikel tips.

Ide bisa mucul sekehendak hati kita. Oleh sebab itu, bawalah selalu buka catatan kecil yang murah meriah yang setiap waktu bisa menjadi tempat Anda menulis setiap ide yang muncul. Atau bila Anda punya dana lebih, bisa memakai laptop atau PDA agar menulis setiap ide jadi lebih rapi dan gampang diedit.

Bila Anda ingin tahu bagaimana cara menggali sebuah ide yang lebih efektif, berikut tips-tips-nya untuk Anda:

1. Daftarlah berbagai kendala yang sudah pernah muncul atau akan muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sertailah daftar itu dengan beberapa pertanyaan dan jawabannya. Biasanya daftar yang Anda buat tidak akan ada habisnya karena hidup manusia selalu beriringan dengan kendala.

2. Bila Anda memiliki salah satu hobi tertentu, ini bisa menjadi sumber ide Anda untuk menulis berbagai artikel tips yang penuh imajinasi. Hobi tersebut bisa bermacam-macam bidang, seperti otomotif, memasak, bercocok tanam, olahraga dan sebagainya. Segera catatlah setiap ide yang muncul sebelum ide tersebut hilang dan terlupakan.

3. Mungkin Anda bisa memakai teknik Mind Map sebagaimana yang ditulis oleh Tony Buzan. Dalam mengembangkan ide dan menganalisanya, bisa dilakukan dari sebuah kata kunci atau topik. Sebuah kata bisa membentuk cabang tak terhingga sehingga ide tak pernah habis untuk dijelajahi dan dieksplorasi. Kalau Anda belum pernah membaca teknik Mind Map ini, ada baiknya Anda membeli buku tersebut untuk menambah kreativitas Anda.

4. Perbanyak juga membaca berbagai tips sebagai sumber ide dan inspirasi. Tolong diingat, bukan berarti saya menganjurkan Anda menjadi seroang plagiat. No copy and paste! Bila jeli dan kreatif, seorang penulis tips bisa memandang suatu tips dari sudut pandang lain, dengan konteks yang berbeda dan penyajian yang variatif.

4. Sering-seringlah bertukar pikiran dengan orang lain. Lebih baik lagi bila orang yang ditanya mengerti benar suatu bidang tertentu, sanggup memecahkan berbagai persoalan yang muncul dalam bidangnya tersebut. Intinya adalah bertanya, berbicara dan tekun mendengarkan.

Nah, kelima cara di atas, bila dimaksimalkan dengan sungguh-sungguh, mudah-mudahan bisa memberi Anda lautan ide yang tak terkira luasnya. Tak perlu lagi menyambangi dan tidur di kuburan angker untuk mendapatkan petunjuk dan wangsit. Perbuatan syirik dan ada resiko Anda bisa kerasukan jin atau malah masuk angin

24 May 2010 - Posted by | Trik & Tips |

2 Comments »

  1. lebih kreatif lagi

    Comment by ANDI ISHAK PANGURISENG | 28 August 2011 | Reply

  2. fhonsex yuxx 087797599274 nope qu, by ipan

    Comment by ipan | 21 April 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: