Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

INTROSPEKSI DIRI DENGAN SELF HYPNOSIS

Perasaan nyeri yang anda rasakan merupakan bagian erat dari pikiran alam bawah sadar anda yang sudah tertanam begitu dalam pada perjalanan hidup anda sebelumnya. Sehingga kadangkala perasaan nyeri yang begitu hebat tidak sesuai dengan keadaan patologi / kerusakan jaringan yang mendasarinya. Sehingga berbagai metode yang dapat membuat pikiran anda lebih rileks dan terbuka dari segala beban dapat membantu mengurangi nyeri anda.

NASKAH KEHIDUPAN
Anda pasti pernah menonton film yang begitu menyentuh perasaan anda. Pastilah anda juga mumpunyai aktor /aktris favorit yang menjadi damban anda. Pasti juga aktor tersebut sangatlah menjiwai peran yang dimainkan. Saat aktor ini memainkan peran tokoh dengan karakter tertentu, dia dapat begitu ingat, menghayati dan sangat menjiwai naskah dialog peran yang dimainkannya . Sebelum dapat menjiwai peran tersebut , selama latihan sang aktor ‘ bernegosiasi’ terhadap naskah yang disodorkan padanya dengan berbagai cara. Dengan mengganti kata-kata pada beberapa kalimat, mengganti kalimat yang dirasa tidak enak diucapkan maupun tidak sesuai dengan karakter yang dimainkan . Namun pada akhirnya semua improvisasi itu tidak mengubah jalan cerita dari naskah yang diberikan.

Sama seperti situasi di atas, anak dan orang dewasa mendalami / menjiwai apa yang disebut naskah kehidupan. Kebanyakan dari kita sangat menjiwai peran yang dimainkan, seperti peran sebagai lelaki dan peran sebagai perempuan. Sebagai seorang laki-laki haruslah kuat dan jangan menangis dan sebagai seorang perempuan harus lah lemah lembut dan tidak pemarah. Sebagian dari naskah kehidupan tersebut kadangkala mempunyai peran sedikit bahkan tidak berperan sama sekali terhadap keadaan yang sekarang. Kesulitan pada banyak orang adalah mereka tidak tahu bagaimana cara mengubahnya dan mungkin juga ragu apakah mereka mampu mengubahnya.

Hipnosis merupakan salah satu cara yang efektif dalam melakukan dialog dengan alam bawah sadar anda. Cara ini seringkali disalah artikan sebagai lepas kontrol dan tergantung pada ahli hipnotisnya. Sebenarnya efek ini bukan berdasarkan kehilangan kontrol diri tetapi lebih pada keadaan menghilagkan kontrol yang kaku terhadap pikiran sadar normal yang sesuai naskah kehidupan. Maka bukan berarti anda dibawah kontrol ahli hipnotisnya tetapi lebih pada mengontrol diri pada fungsi diri sendiri. Hipnosis ini seperti telah diuraikan di atas dapat dilakukan sendiri ( self-hypnosis ) .
Berikut ini dibahas juga mengenai guided imagery dengan metode self-hypnosis untuk lebih memahami dan menghayati diri anda sendiri.
Panduan latihan self-hypnosis untuk introspeksi diri
Berbaring atau duduklah secara nyaman, tutuplah mata anda dan bayangkan mata anda terfokus pada satu titik di antara dua alis anda. Setelah itu mulailah menghitung mundur perlahan dari 300. Jangan konsentrasi pada pikiran-pikiran yang mengganggu., perlahan biarkan semua pikiran itu pergi dan kembalikan perhatian anda pada menghitung mundur tadi ; sesuaikan nafas anda.
Bayangkan anda sedang menuruni anak tangga yang tinggi. Setiap anda menuruninya rasakan anda bertambah rileks. Saat tiba di bawah dasar anak tangga bayangkan anda berada di stasiun kereta bawah tanah.. Anda berdiri di atas eskalator yang kebetulan tidak berfungsi dan anda akan menuruninya lagi. Selangkah demi selangkah anda turuni eskalator tersebut sambil anda menghitungnya. Sampailah pada suatu saat anda berhenti sejenak, anda mulai merasa lelah dan berat.
Saat berhenti sejenak itu , anda menyadari bahwa eskalator disebelahnya ternyata berfungsi dan bergerak berjalan turun. Saat itupula anda melihat seseorang di eskalator yang sedang berjalan itu. Saat anda perhatikan dengan seksama orang tersebut sebenarnya adalah diri anda sendiri.

Apakah reaksi anda ?catatlah apa yang anda rasakan dan pikirkan saat anda melihat diri sendiri. Catat juga secara mendetil bagaimana penampilan, baju, ekspresi muka dsb. Kemudian ikuti sosok tersebut, amati perilakunya dan cobalah bicara dengannya. Perhatikan bagaimana diri anda yang lain dalam menanggapi ajakan bicara anda. Jika memungkinkan aturlah pertemuan berikutnya dengannya.
Setelah anda selesai, anda dapat kembali ke atas dengan menggunakan eskalator yang tersedia dan membawa anda dengan cepat ke permukaan, dimana anda dapat membuka mata anda . Teknik ini dapat membantu anda untuk relaksasi dan introspeksi diri , melihat kepada diri anda yang sebenarnya.

24 May 2010 - Posted by | Trik & Tips |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: