Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

9 Cara Agar Berhenti Berpikir Negatif

Kenapa harus berhenti? Sadar atau tidak cara berpikir negatif sudah menjadi bagian dari kebiasaan hidup kita. Manakala ada hal-hal yang berjalan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan maka dengan mudahnya kita men”judge” ini dan itu. Kita tidak langsung berpikir positif manakala hal itu terjadi dan kemudian mulai depresi.

Berpikir negatif tidak akan membawa kita ke arah perbaikan, justru membuat perasaan tambah buruk (sudah gagal ditambah dengan negatif thinking, double kan??). Dan kemudian akan berakibat kepada performa kita yang mengecewakan. Apabila diteruskan akan menjadi lingkaran yang tidak berujung.

Jessica Padykula menyarankan sembilan cara/teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif, sebagai berikut:

1. Hidup di saat ini.

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.

2. Katakan hal positif pada diri sendiri

Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.

3. Percaya pada kekuatan pikiran positif

Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik.

4. Jangan berdiam diri.

Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju.

5. Fokus pada hal-hal positif.

Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘makan sore hari ini menakjubkan’. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.

6. Bergeraklah

Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan mengelelingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik.

7. Hadapi rasa takutmu

Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.

8. Coba hal-hal baru

Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan “Ya” pada kehidupan Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran “Ya, tapi..”. Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.

9. Ubah cara pandang

Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

30 May 2010 - Posted by | Trik & Tips |

8 Comments »

  1. mas tolong dicantumkan seumbernya dong ah…

    hitung2 ngasih credit buat yang sudah buat tulisannya… inget copyright mas..

    Comment by tyo | 2 June 2010 | Reply

    • Hihi..
      iya nih, copas2 doank yah..
      biz kadang saya mau cantumkan sumber yg sebenarnya, udah ga orsinil lg deh kayaknya…
      Kadang saya cari dulu di google artikel tersebut, TAPI alangkah banyaknya tulisan dan artikel yang sama, hampir 10 halaman google, sama semua..
      Jd bingung penulis sebenarnya…
      apa tulis sumber dari blog terakhirnya aja kali yah…?
      gmn menurut anda…?
      soalnya blog saya bukan blog komersil yg cari untung dollar, blog saya hanya kliping artikel dan tulisan menarik menurut saya, yang saya rangkum di blog ini…
      btw menurut anda gmn..? share pendapat aja nih…

      Comment by Saeful Kamal | 2 June 2010 | Reply

      • yapsz….!!! sya seneng dengan prisipnya agan satu ini….,

        blog yang hunting dollar itu rasanya males banget aku kunjungi. soalnya beritanya itu-itu aja. di tambah banyak iklan gak jelas.

        Comment by Berita unik, inspirasi dan motivasi bisnis | 5 January 2012

  2. Gokilll,GAmbar apa tu yang diatasnya Fren ?…..

    Comment by atep setiawan | 20 October 2012 | Reply

  3. Terima kasih banyak gan sangat membantu

    Comment by Wafer | 28 October 2012 | Reply

  4. Bagus banget, sya akn coba itu smua….
    Doain saya yah…..

    Comment by januhardi | 1 January 2013 | Reply

  5. Semoga bisa bener bener di realisasikan dalam hidup. Amin😀

    Comment by febridwicahya | 12 September 2013 | Reply

  6. masuk akal untuk di coba .. untuk over thinker seperti saya butuh cara2 yg lebih bisa langsung di terapkan bukan hanya teoritis saja .. dan saya rasa informasi di atas sangat bagus .. saya harus coba .. terimakasih ..

    Comment by yosi | 10 May 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: