Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Instant Messenger : Sejarah dan Perkembangannya

Kemajuan teknologi informasi semakin memudahkan kita berkomunikasi. Kini, kita bisa berkomunikasi secara global, menembus batas-batas geografis dan politis, dengan sangat mudah dan murah. Tidak hanya komunikasi dengan teks (chat), namun juga komunikasi dengan suara (voice chat) dan bahkan komunikasi dengan video (video chat). Hanya dengan berbekal sambungan internet, headset, bermikrofon, dan webcam, Anda bisa melakukan semua bentuk komunikasi tersebut. Sungguh mudah dan luar biasa.

Pengirim pesan instan (biasanya disebut dengan IM atau Instant Messenger) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet. Setelah penggunaan e-mail yang mengubah cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk mengirimkan surat, teknologi pengiriman pesan singkat (instant messaging) diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang terkadang kurang cepat dan tidak real-time.

  • Sejarah Instant Messenger (IM)

Aplikasi Instant Messenger mulai ada sejak 1970 dalam sistem operasi multi-user seperti UNIX, awalnya untuk memudahkan komunikasi antar pengguna mesin yang sama, kemudian dalam suatu jaringan lokal, dan setelah itu antar internet. Beberapa dari mereka menggunakan peer-to-peer protokol di saat yang lain memerlukan peer sebagai penghubung ke suatu server. Pada akhir pertengahan tahun 1980 sampai awal 1990, layanan online Qantum link untuk komputer Commodore 64 menawarkan pesan user-to-user antar costumer dan ini mereka sebut ”on-line messages” (OLM). Quantum link semakin dikenal dalam beberapa aplikasi yang menyerupainya, seperti America Online yang menawarkkan produk dengan nama ”AOL Instant Messages” (AIM).

Seiring perkembangannya Quantum Link menggabungkan sebuah komodor 64 menggunakan komodor PETSCII text-graphics. Dalam hal ini layanan yang disediakan menyajikan beberapa pilihan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sejenis GUI walauun lebih primitif dibanding UNIX berikutnya, windows, dan macintosh yang berdasar pada Program Instant Messenger GUI. Modern GUI-based messaging mulai berakhir pada 1990-an digantikan dengan ICQ (1996) dan AOL Instant Messenger (AIM, 1997).

Beberapa tahun kemudian AOL memperoleh penghargaan dua hak patent dari U.S. patent office. Meanwhile, sementara perusahaan lain mengembangkan aplikasi mereka sendiri (Yahoo, MSN, Excite, Ubique, IBM) yang masing-masing memiliki protokol kepemilikan dan client sendiri.

Pada tahun 2000, sebuah aplikasi open-source dan protokol open standards-based yang disebut jabber diluncurkan, jabber dalam hal ini berperan sebagai gateway untuk protokol IM lainnya, hal ini cukup mengurangi kebutuhan berbagai client. Modern multi-protocol clients seperti Gaim, Trillian, Adium dan Miranda dapat menggunakan beberapa dari protokol IM tanpa memerlukan server gateway. Bahkan baru-baru ini, beberapa layanan instant Messenger memulai untuk menyediakan layanan video conference, Voice Over IP (VoIP) dan web conferencing services.

  • Perkembangan IM

Perkembangan pengirim pesan instan berbasis GUI diawali ketika mulai maraknya orang menggunakan teknologi ada awal tahun 1990 ketika banyak orang mulai meluangkan waktu untuk mengakses Internet. E-mail merupakan perkembangan komunikasi internet yang berkembang pesat pada saat itu, namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan, e-mail dirasakan kurang cepat dalam mengirimkan pesan dan tidak dapat diketahui apakah orang yang dikirimi pesan melalui e-mail juga sedang daring dan membalas pesan secara cepat. Kebutuhan tersebut mendorong para pengembang perangkat lunak menciptakan sebuah program chat room, di mana suatu grup atau perorangan dapat melihat serta mengirimkan pesan kepada sertiap orang yang ada pada room tersebut. Aplikasi ini dimulai ketika penyedia jasa daring Quantum Link (lebih dikenal dengan nama American Online) menawarkan fitur untuk dapat saling berkirim pesan dengan sesama pengguna komputer yang sedang daring. Penerapan pengiriman pesan instan ini memiliki dasar yang tidak jauh berbeda, yaitu sebuah chat room yang ditujukan untuk dua orang.

Seiring dengan perkembangannya, pengiriman pesan instan ini mulai meledak di Internet pada November 1996 saat Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah program pengirim pesan instan gratis, dan diikuti oleh AOL Instant Messenger (AIM) pada tahun 1997. AOL kemudian mengakuisisi Mirabilis. Penggunaan pengirim pesan instan kemudian berkembang dari hanya bisa diakses melalui komputer menjadi dapat diakses juga melalui telepon genggam sehinggal memungkinkan para penggunanya mengakses layanan ini kapan saja dan di mana saja.

Instant messaging kini tengah berkembang sehingga tidak hanya sebatas teks. Tahun 1996, sebuah perusahaan Israel yang tak begitu terkenal menyusun sebuah perangkat lunak, yang kemudian segara menjadi program yang paling banyak di-download di web, dan memicu revolusi komunikasi dunia. Teknologi itu memungkinkan dua orang di mana pun bisa saling mengetikkan pesan secara real time. Perangkat lunak ICQ sebagai purwarupa sistem instant messaging (IM), telah digunakan 11 juta orang dalam waktu 2 tahun. Teknologi ini menarik perhatian raksasa internet America Online, yang langsung membelinya seharga US$287 juta tahun 1998. Sejak saat itu, puluhan perusahaan telah mengembangkan produk semacam, yang biasanya bisa diperoleh secara gratis. “Kalau Anda tinggal di Eropa, atau Amerika, dan Anda memiliki teman, atau keluarga di berbagai penjuru dunia, lalu Anda menggunakan telepon, itu tentu mahal,” ujar Jonathan Roubini, pengamat teknologi di PC Magazine. “Keunggulan IM adalah bahwa setiap orang yang memiliki komputer bisa online begitu saja, dan ngobrol dengan keluarga, teman, atau sejawat di seluruh dunia.”Instant Messaging memiliki pengguna sangat banyak di seluruh dunia. AOL saja mengirim 2 miliar pesan per hari, sedangkan perangkat lunak IM tetap beroperasi di komputer desktop rata-rata enam 6 jam per hari. Tidak begitu mengherankan jika semua perusahaan besar baru-baru ini mengumumkan telah menyempurnakan layanan IM mereka. Pasar IM sangat besar. Yahoo Messenger memperkirakan ada 19 juta pengguna di Amerika, sementara demografi pemakai berubah drastis dalam beberapa tahun ini.

  • Survey Pengguna Instant Messenger :

AIM : 53 juta pengguna aktif (Nielsen//NetRatings, Agustus 2005), 195 juta total pengguna.
Windows Live Messenger atau MSN Messenger : 29 juta pengguna aktif (Nielsen//NetRatings, Agustus 2005), 155 juta total pengguna (April 2005).
Jabber : 13,5 juta pengguna aktif (Osterman Research Agustus 2005), tidak dilakukan perhitungan dari penyelenggara jasa internet lainnya (diperkirakan lebih dari 7,5 juta pengguna, dengan total lebih dari 21 juta pengguna).
Yahoo! Messenger: 21 juta pengguna aktif (September 2005).
ICQ : 20 juta pengguna aktif di seluruh dunia, 400 juta total pengguna.
QQ : 221 juta total pengguna.
Skype : 7 juta pengguna aktif (Skype Numerology blog, Agustus 2006), 100 juta total pengguna (Skype, April 2006).
Sametime : 15 juta pengguna aktif.
Gadu-Gadu : 5.6 juta total pengguna (IT & Telecoms di Polandia, Juni 2006).
MXit : 2 juta pengguna (sebagian besar di Afrika Selatan dan lebih dari 150.000 pengguna internasional) (Business Report, 19 Oktober 2006)
Meebo : 0.67 juta total pengguna (Meeblog, 5 Oktober 2006)
Camfrog : kurang lebih 70 ribu pengguna yang setiap hari Online (situs Camfrog, 2 Desember 2006)

  • Bahaya Penggunaan IM

Program instant messenger (IM) yang tengah populer di kalangan pengguna internet tampaknya bakal jadi sasaran empuk virus-virus jenis worm. Setelah lama membidik program email, para pembuat virus worm tampaknya akan mulai membidik layanan IM.Demikian diberitakan Zdnet.com, Rabu (15/8/2001).

Akhir Juni 2001 lalu, sebuah virus worm bernama “Choke” melakukan serangan terhadap MSN messenger, jaringan IM milik Microsoft Corp. Sebulan sebelumnya, virus sejenis berkode W32/Hello juga menyerang jaringan yang sama.
Kalangan ahli keamanan komputer menilai kewaspadaan terhadap serangan semacam ini masih sangat kurang. Padahal bukannya tidak mungkin serangan virus worm akan menyerang jaringan IM yang lain, semisal AOL Instant Messenger (AIM) dan ICQ milik AOL Time Warner atau Yahoo Messenger milik Yahoo.

Kalangan pembuat virus saat ini tengah merancang sebuah virus worm yang dapat menyerang berbagai jenis jaringan IM, termasuk sistem pertukaran file peer-to-peer dan sistem wireless. Namun hingga saat ini memang belum ada jenis yang seeektif virus worm yang menyebar melalui program email semisal virus cinta, Anna Kournikova dan Melissa.
Chief Technology Officer (CTO) Privacy Foundation, Richard Smith, menegaskan, email saat ini masih merupakan wahana paling efektif untuk menyebarkan email. Namun kalangan ahli keamanan komputer mengingatkan, serangan masif virus worm melalui jaringan IM hanyalah soal waktu.

Saat ini puluhan juta user di internet telah menggunakan IM untuk melakukan komunikasi secara real time. Layanan ini diprediksi akan menjadi program paling populer di internet dalam waktu dekat.

  • Fitur-fitur pada IM

Pengiriman pesan instan memiliki beberapa fitur dasar, di antaranya:

  1. Instant messages: Mengirimkan pesan kepada orang yang sedang daring secara real time.
  2. Chat: Menciptakan chat room atau ruang diskusi dengan beberapa orang.
  3. Web links: Berbagi pranala mengenai situs web favorit.
  4. Video: Berbagi video.
  5. Images: Berbagi gambar.
  6. Files: Berbagi berkas komputer.
  7. Talk: Berfungsi seperti layaknya telepon.
  8. Mobile capabilities: Mengirimkan pesan instan melalui telepon genggam.
  • Aplikasi IM Terpopuler

Terdapat berbagai macam aplikasi dan layanan instant messenger (instant messaging software). Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang jelas, para penyedia instant messenger benar-benar bersaing dengan ketat antara satu dan yang lainnya, dalam segala hal mulai dari fasilitas dan fitur-fiturnya sampai dengan tampilannya. Kita sebagai pengguna, tinggal memilih mana yang kita suka.
Berikut ini beberapa instant messenger (IM) yang popular digunakan :

MSN Messenger (Windows Messenger)
Ini adalah IM yang dikeluarkan oleh Microsoft, yang didesain untuk dipasang pada Windows Operating System. Seiring dengan populernya Windows OS, messenger ini juga menjadi amat populer di seluruh dunia. Silakan unduh installer-nya (ada yang tersendiri dan ada yang terintegrasi dalam Windows Live Installer), lalu instal pada Windows Anda. Untuk bisa menggunakannya, silakan dapatkan terlebih dahulu akun Window Live Anda (@live.com atau @hotmail.com). MSN Messenger dapat didapat di http://msn.com.

Yahoo Messenger (YM)
Yahoo messenger dikeluarkan oleh Yahoo. Sangat populer di Indonesia. Untuk bisa menggunakannya, YM harus menggunakan Yahoo ID (akun di Yahoo) sebagai akun layanan. Untuk semakin menjadikannya lengkap, Yahoo juga menyediakan Chatrooms pada Yahoo Messenger.
Selain Instant Messaging, banyak fitur-fitur yang bisa didapat dari Yahoo Messenger ini diantaranya :

a. Contact, merupakan sebuah fitur yang memudahkan untuk mengingat siapa saja dan apa saja ID yang tersimpan di buku alamat.

b. Send File, merupakan fitur yang mendukung untuk mengirim file anda antar komputer via internet.

c. Call Computer, merupakan fitur yang memungkinkan untuk melakukanb percakapan antar komputer melalui jaringan internet dengan gratis. Walaupun fitur ini membutuhkan bandwith yang cukup besar tapi untuk kenyamanan berkomunikasi fitur ini cukup memuaskan.

d. Webcam, merupakan fitur yang juga membutuhkan bandwith yang besar, dengan fitur ini kita bias melakukan sharing camera secara real time, sehingga ketika melakukan chat/call, kita bisa saling melihat satu dengan yang lain.

e. Conference, merupakan sebuah fitur yang bisa membuat kita chating bersama atau biasanya bahasa disebut dengan meeting,

f. Audibles, merupakan aplikasi yang bisa mengirim animasi yang dilengkapi suara kepada lawan bicara kita.
g. Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah kemampuan berkirim pesan melalui pesan singkat atau SMS ke nomor ponsel yang ada di Indonesia. Operator ponsel di Indonesia yang telah mendukung fasilitas pengiriman SMS dari Yahoo! Messenger adalah Telkomsel dan Excelcomindo. Dengan dukungan tersebut, Anda dapat mengirimkan pesan singkat dari komputer ke pengguna kartu Halo, Simpati, dan XL melalui Yahoo! Messenger. Jika pada saat pengiriman SMS dari YM ke ponsel tidak dikenai biaya, maka pada saat lawan bicara membalas dari ponsel ke YM ada biaya yang harus dibayar. Informasi biaya tersebut dapat Anda temukan di situs http://asia.mobile.yahoo.com. Fasilitas ini sering digunakan oleh pengguna YM untuk ajakan bertemu, segera online, atau pada saat pulsa ponsel sedang habis.

h. Menjadi Identitas Gaul
Selain alamat email, nickname untuk berkomunikasi melalui program instant messenger tersebut telah menjadi identitas pergaulan antar pengguna internet, terutama remaja SMA dan mahasiswa. Rasanya tidak asing lagi ketika mereka saling bertemu dan menanyakan “Eh, YM loe apa?” pada saat kopi darat maupun melalui email. Bahkan rata-rata di tiap warnet dapat ditemukan program ini telah tersedia di setiap komputer, baik sengaja diinstal oleh pengelola warnet itu sendiri maupun secara diam-diam oleh pengunjung yang membutuhkan. Bagi pengguna rutin, rasanya kurang jika browsing di internet tidak didampingi oleh pengirim pesan yang multifungsi ini.

Google Talk.
Seolah tak mau ketinggalan dengan saudara tuanya Yahoo, Google juga merilis instant messenger-nya yang bernama Google Talk. Fitur tidak jauh berbeda dengan Yahoo Messenger, hanya saja untuk menggunakan layanan ini dibutuhkan akun di Google.com.
Beberapa fitur utama Google Talk diantaranya :
• Instant messaging
• PC-to-PC voice calls
• Gmail notifications (pemberitahuan jika ada email masuk ke akun Google yang bersangkutan.
• File transfers (berkirim file)

ICQ Messenger
Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memiliki akun di ICQ. Sebetulnya, ICQ juga menyediakan fasilitas online chat pada homepage-nya, tanpa memerlukan aplikasi instant messenger. Tapi, fitur dan juga tampilannya terlalu sederhana. Berbeda dengan yang ada pada aplikasi instant messenger-nya. Sebagai daya saing, ICQ menyediakan komunitas alias network, yang bisa di-browse dan diakses dari instant messenger.

AIM Messenger
Kalau IM yang ini populernya terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memiliki akun di AOL (American On Line). Chatrooms tidak disertakan bersama instant messenger ini. Chatrooms bisa diakses secara terpisah di http://chat.aim.com atau di http://peopleconnection.aol.com.

Skype
Yang satu ini bisa digunakan untuk chatting, mengirim SMS ke mobile phone, dan juga melakukan percakapan dengan mobile phone. Hanya saja, untuk bisa kirim SMS atau menelpon ke mobile phone, Anda terlebih dahulu harus beli kredit dari Skype. Sementara kalau sekadar untuk chatting tentu saja gratis. Jika Anda tertarik, kunjungi http://skype.com, dan unduhlah installernya.

Skype menggunakan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat didownload gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Skype memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

Kualitas suara yang lebih baik
Dalam hal kualitas suara yang lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena tim kerja Skype telah berhasil mengontrol sumberdaya- sumberdaya yang tersedia pada jaringan. Sehingga meningkatkan keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan Skype melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa) tanpa menggunakan pemusatan sumberdaya yang mahal. Dengan menyederhanakan perangkat lunaknya, sistem ini memungkinkan pengaplikasian yang mudah oleh siapapun.

Traversal Firewall dan NAT (Network Address Translation)
Klien-klien yang tidak menggunakan firewall dan klien-klien yang sudah berada pada alamat-alamat IP publik yang terarah dapat membantu “ujung-penghubung” dari NAT berkomunikasi dengan mengarahkan panggilan. Hal ini memungkinkan dua klien yang awalnya tidak bisa berkomunikasi untuk berbicara satu sama lainnya, karena sinyal panggilan di terjemahkan pada pengguna akhir yang satu dan pengguna akhir lainnya, sehingga kekhawatiran akan resiko keamanan atau privasi dapat diatasi. Bersamaan dengan hal ini, hanya proxi-proxi yang memiliki “jatah” berlebih yang dipilih sehingga performa pada penggunanya tidak terganggu. Beberapa teknik baru telah dikembangkan untuk menghindari konfigurasi firewall dan gateway pada pengguna akhir, dimana setting konfigurasi yang tidak sensitif biasanya menghambat mayoritas pengguna dalam berkomunikasi. Singkatnya, Skype bekerja dibelakang mayoritas firewall dan gateway tanpa menggunakan konfigurasi khusus.

Data dan Alat Pencari Pengguna Global Terdesentralisasi
Kebanyakan dari pengirim-penerima pesan instan (Instant Messenger) atau perangkat lunak komunikasi memerlukan bentuk data pencari terpusat yang bertujuan agar hubungan antar pengguna akhir berhasil dilakukan, dimana para pengguna akhir ini memiliki nama pengguna statis karena alamat IP-nya cenderung berubah. Perubahan ini terjadi saat pengguna berpindah lokasi atau mencoba menghubungkan diri kembali ke dalam jaringan dengan menggunakan alamat IP dinamis.

Kebanyakan dari alat komunikasi yang berbasiskan internet, mencari dan menemukan penggunanya menggunakan sentral informasi (central directory) dimana setiap nama pengguna dan nomor IPnya tercatat dan mencari tahu apakah setiap pengguna sedang dalam jaringan (online) atau tidak. Sentral informasi ini amatlah besar biayanya ketika penggunanya bertambah hingga jutaan, dengan mendesentralisasikan infrastruktur yang memakan banyak sumberdaya ini, skype berhasil memfokuskan sumber dayanya untuk mengembangkan fungsi. Teknologi jaringan P2P yang digunakan oleh aplikasi “berbagi berkas” (file-sharing) sebenarnya hampir cocok untuk digunakan pada jaringan desentralisasi yang digunakan oleh skype, namun jaringan-jaringan ini secara alamiah telah terbagi-bagi. Pencarian tidak dapat menghubungkan seluruh “ujung” yang terdapat di jaringan. Sehingga untuk dapat berkomunikasi dengan kualitas telepon yang baik dengan biaya serendah mungkin, diperlukan pengembangan generasi ketiga dari teknologi P2P (“3G P2P”) atau dikenal juga dengan Indeks Global (Global Index) disingkat IG – hal ini membuktikan sekali lagi pergeseran paradigma pada istilah “jaringan yang mungkin” .

Teknologi IG adalah jaringan berlapis-lapis dimana antara penghubung-super (supernones) saling berkomunikasi dengan cara tertentu sehingga setiap penghubung dalam jaringan memiliki pengetahuan penuh akan setiap pengguna yang ada dan sumberdaya yang digunakannya dalam selubung (jeda panggilan) seminimal mungkin.

Pengarah lalulintas yang pintar (intelligent routing)
Dengan menggunakan seluruh sumberdaya yang ada, Skype mampu mengarahkan dengan pintar panggilan panggilan yang terkode melalui seluruh jalur efektif yang mungkin dilalui. Skype bahkan memastikan berbagai jalur-jalur penghubung tetap terbuka dan secara dinamis berpindah memilih jalur yang terbaik pada saat itu. Hal ini membuat Skype langsung menjadi perhatian orang karena dampaknya dalam mengurangi jeda sambungan dan peningkatan kualitas panggilan dalam jaringan.

Keamanan
Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas internet untuk publik.

Mudah digunakan
Dengan perangkat yang mudah digunakan dan bukan mempersulit pengguna, skype dibuat sesederhana mungkin – semua orang yang dapat menggunakan aplikasi Windows dan telepon karena perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik dengan sistem operasi komputer saku (pocket PC), Windows 2000, XP, Pocket PC, Mac OS X and Linux

Fitur-fitur utama pada Skype :
• Chat, yaitu melakukan percakapan berbasis teks antar sesama pengguna Skype.
• Group Chat, yaitu fitur untuk melakukan chat dengan beberapa orang sekaligus dalam suatu room (hingga 100 orang).
• Emoticons, yaitu fasilitas untuk menggunakan icon-icon/ gambar-gambar kecil sebagai gambar profil atau icon untuk menunjukkan suasana hati si pengguna.
• Conference Calls, sama seperti Group chat, bedanya group chat menggunakan teks sebagai media komunikasi, sedangkan Conference Calls sudah menggunakan suara (voice).
• Call Forwarding, fitur untuk mengalihkan panggilan pada saat berhalangan.
• Sending Files, fitur untuk berkirim file via jaringan internet.
• Skype Voicemail, mesin penjawab seperti pada operator selular.
• Video Calling, fitur untuk melakukan panggilan video.

Disamping keenam instant messenger diatas, Ada juga beberapa Aplikasi Instant Messaging yang memberikan akses ke beberapa account instant messaging populer (Yahoo, MSN, Google Talk, dan AIM) dalam satu program secara bersamaan. Misalnya Pigdin, GAIM (Ubuntu), iChat (MAC-OS), GIM, Miranda IM, Trillian, Adium, Digsby, dsb.

Digsby
Aplikasi ini dapat dipakai untuk chatting dengan AIM, MSN, Yahoo, ICQ, Google Talk, dan Jabber secara bersamaan. Dengan fitur Log conversation history, maka kita dapat melihat kembali pembicaraan yang telah kita lakukan. Seperti halnya YM, Digsby juga akan memberikan peringatan jika ada email baru masuk yang ada di Hotmail, Gmail, Yahoo Mail, AOL/AIM Mail, IMAP, dan POP accounts. Jika punya account di Facebook, Twitter, atau MySpace juga akan ada peringatan ada friends request, pesan, dan juga group invites. Digsby hanya untuk pengguna Windows.

Pidgin
Seperti halnya Digsby, Pidgin dapat digunakan untuk chatting menggunakan beberapa layanan chatting sekaligus. Pidgin dapat digunakan untuk AIM, ICQ, Jabber/XMPP, MSN Messenger, Yahoo!, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell GroupWise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, MySpaceIM, dan Zephyr. Yang menarik adalah bahwa aplikasi ini bisa diinstall plugin layaknya Firefox untuk menambahkan fitur-fitur baru. Pidgin bisa digunakan di Windows dan Linux.

Adium
Adium bisa digunkan untuk chatting dengan AOL, Jabber, MSN, Yahoo! Messenger, Bonjour, MySpace IM, Gadu-Gadu, Novell Groupwise, QQ, Lotus Sametime. ADium juga bisa digunakan melakukan video chat seperti hanya di YM. Sayangnya Adium hanya bisa digunakan di Mac OS.

Trillian
Trillian mendukung AIM, ICQ, MSN, Yahoo Messenger, and IRC. Fitur-fiturnya anatara lain contact message history, a powerful skinning language, tabbed messaging, global status changes (set all networks away at once), Instant Lookup (automatic Wikipedia integration), dan contact alerts. Trillian hanya untuk pengguna Windows

Bila Instant messenger yang tersebut di atas menggunakan aplikasi tambahan yang harus diinstal sebagai interface, terdapat pula berbagai macam instant messenger berbasis web yang bisa diakses melalui browser selayaknya mengakses sebuah website, layanan tersebut dinamakan Web Based Instant Messenger.

Meebo (http://www.meebo.com)
Meebo ini merupakan klien instant messenger berbasis web yang paling populer di masyarakat internet. Layanan pihak ketiga-nya dengan AIM, Yahoo!, Google Talk, MSN, ICQ dan jaringan-jaringan lain yang stabil tanpa memperlambat komputer anda dan interface yang menyenangkan membuat Meebo ini banyak yang suka dan populer sekali. Dengan ditambahkannya Chat Room yaitu Meebo Rooms, situs ini menjadi semakin besar dan mengasyikkan.

eBuddy (http://www.ebuddy.com)
Dengan menggunakan ebuddy ini, kamu bisa chat dengan teman-teman anda dengan menggunakan versi web dan mobile-nya. EBuddy ini sangat ringan dan mudah banget kamu gunakan. Saat ini eBuddy ini mendukung Yahoo! Messenger.

Yahoo! Web Messenger (http://webmessenger.yahoo.com/)
Dengan menggunakan yahoo messenger berbasis web ini, kamu bisa chat dengan teman-teman anda dalam list friend di yahoo! messenger ini dan anda akan diberikan notifikasi jika ada email masuk ke akun yahoo! mail anda.

KoolIM (http://www.koolim.com)
IM berbasis web ini dapat membantu anda untuk terkoneksi dengan inbox email anda seperti jaringan-jaringan instant messenger populer lainnya seperti Meebo juga.

ILoveIM (http://www.iloveim.com)
ILoveIM ini merupakan salah satu layanan IM lain berbasis web yang dapat membantu anda untuk terkoneksi dengan akun-akun IM anda dengan disertai sedikit iklan untuk mendukung layanannya tetapi tidak terlalu mengganggu.

Goowy (http://www.goowy.com)
Goowy ini lebih dari hanya sekedar klien IM berbasis web tetapi juga menawarkan layanan e-mail, kalender, berita, RSS, storage file gratis, dan banyak lagi dalam satu tempat.

IMunitive (http://www.imunitive.com/index.html)
Imunitive ini merupakan salah satu alternatif seperti Meebo dengan dukungan platform IM yang hampir sama tetapi tidak mendukung Jabber. Salah satu situs layanan IM berbasis web yang perlu anda datangi.

RadiusIM (http://www.radiusim.com/)
Layanan IM berbasis web ini memiliki integrasi dengan google maps yang berarti anda bisa melihat teman-teman yang sedang chat dengan anda berasal dari kota atau daerah mana. Layanan ini yang kita butuhkan.

IMO (https://imo.im/)
Dengan menggunakan layanan ini, anda bisa log in ke banyak jaringan chat IM populer pada waktu yang sama. Selain itu kelebihannya layanan ini berbasis web, jadi sangat mempermudah anda.

Mabber (http://www.mabber.com/)

Mabber ini memiliki kelebihan yaitu dapat anda gunakan baik pada web atau mobile phone. Mabber ini mendukung platform IM seperti AIM, ICQ, MSN Messenger, Yahoo Messenger, dan Google Talk. Selain itu yang paling asyik adalah mabber mempunyai widget chatbox untuk diletakkan di website atau blog anda. Jadi anda bisa chatting lewat website atau blog anda.

Plugoo (http://www.plugoo.com)
Plugoo ini merupakan kumpulan IM-IM terkenal yang disatukan pada sebuah widget atau aksesori web/blog sehingga anda bisa terhubung dengan pengunjung-pengunjung situs anda dari IM-IM seperti AIM, MSN, Yahoo, Gtalk, ICQ dan Jabber. Bagus banget jika anda ingin berkomunikasi dengan pengunjung situs anda.

SNIMMER (http://www.snimmer.com)
Anda bisa chat langsung dengan MSN, Yahoo, AOL, ICQ, GTalk dan memperbanyak teman baru dengan membuat profil anda dengan disertai foto.

MSN Web Messenger (http://webmessenger.msn.com)
MSN Messenger berbasis web ini dimiliki langsung oleh jaringan MSN atau dalam artian lain, official web messenger. Tetapi fiturnya tidak disertai sharing file dan video call.

sumber : [http://blog.loksado.com/instant-messenger-sejarah-dan-perkembangannya]

27 July 2010 - Posted by | Komputer |

2 Comments »

  1. thanks info yah

    Comment by AFit | 11 December 2011 | Reply

  2. terimA KASIH SEBANYAK BANYAKNYA INFO INI SANGAT BERMANFAAT

    Comment by MRIZKYISLAMY | 19 March 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: