Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

TIPS MERAWAT KELINCI

SEDIKIT TENTANG KELINCI YA….

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Angora, miniLop, Dutch, Giant, lyion dan lain-lain. Khusus lyion sebenarnya adalah silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain, namun dikalangan peternak kelinci hias disebut sebagai lyion atau angora jadi-jadian. Di Indonesia, peternakan kelinci dibagi dua yaitu peternakan daging dan hias.

NIE ADA SEDIKIT TIPS BUAT PARA PECINTA KELINCI BIAR SUKSES MELIHARANYA
Sekedar berbagi pengalaman aja tentang memelihara kelinci buat pemula. Supaya jangan kejadian lagi setelah beli satu dua hari langsung mati. Kesian, nggak tega ngeliatnya. Kemaren beli kelinci mati melulu sampe 5 ekor. Setelah itu baru berhasil hidup. Sekarang udah gede. Nah, ini tipsnya:

1. Anak kelinci jangan dikasih minum. Karena dia perutnya belum kuat. Kalo dikasi minum pasti mati deh besoknya. Setelah umur 3-4 bulan baru dia bisa minum air.

2. Jangan kasih wortel atau sayuran yang terlalu banyak mengandung air. Alasannya sama seperti nomer satu.

3. Yah jangan sampe kedinginan lah. Apalagi kehujanan. Soale itu kelinci yang dijual di pinggir-pinggir jalan, biasanya umurnya masih kecil banget. Harusnya masih diasuh sama induknya. Jadi butuh kandang yang hangat.

4. Kasih aja kangkung segar, jangan ditumis loh :)) Atau kulit jagung muda. Tapi yang paling gampang kangkung aja. Secukupnya, jangan kebanyakan.

5. Pengalaman kemaren, beli makanan kelinci di karfur berupa pelet, harganya mahal banget, bisa 50rb sekilo. Akhirnya kita kasih pelet ikan koi, yang warnanya merah jambu. Harganya cuman 10.000 perak aja. Udah gitu, dia lebih seneng pelet ikan koi ini daripada pelet kelinci yg di karfur. Belinya sih di tukang ikan hias. Nanti deh fotonya saya attached.

6. Kalo masih ada halaman. Kasih kesempatan dia ngelayap. Jadi pagi2 banget kasih makan kangkung dulu. Setelah dia kenyang, baru diumbar keluar. Biarin dia makan rumput2 liar di halaman. Dengan begini dia jadi gesit dan cepet sehat. Sebab kelinci yang dijual di pinggir jalan kadang udah sakit karena kelamaan dipajang. Setelah sore baru dikandangin.

7. Jangan kebanyakan dipegang2 atau digendong2. Itu kan kelinci hidup, bukan boneka. Kalo mau digendong2 mending beli boneka aja. Atau gendong anak tetangga aja.

8. Kandangnya sebaiknya yg bawahnya kawat. Biar kotoran dan pipisnya langsung jatuh. Nggak membasahi kandang. sehingga kandangnya tetep kering, nggak lembab.

9. Kalo beli anak kelinci sebaiknya yg kira2 ukurannya seumuran. kalo ada yg terlalu bongsor, nanti temennya keinjek-injek bisa mati.

10. Kalo beli yah jangan banyak2. Satu atau dua aja dulu. Nanti kalo udah bisa miaranya, baru mau nambah juga boleh.

11. Ati2 sama tikus wirok, alias tikus bandung yang kalo di kota gedenya bisa segede kucing kampung. Plus ati2 sama kucing. Dua2nya bisa melahap anak kelinci kita dengan gembira.

12. Yang hobi tanaman hias, siap2 tanamannya pada bondol semua.

13. Apalagi yah… kayaknya cukup deh. Oh ada satu lagi, kalo kira2 nggak sanggup memelihara, yah jangan beli. Kalo mati, kesian. Mereka kan makhluk hidup juga.

[http://julianti-chem.blogspot.com/2008/07/tips-merawat-kelinci.html]

1 August 2010 - Posted by | Trik & Tips |

8 Comments »

  1. jangan memberi sayuran dari lemari es.., suka mencret

    Comment by hery | 1 December 2010 | Reply

    • betol… punya saya mati 1, dikasih sayur bayam kulkas.. hehe

      Comment by Saeful Kamal | 1 December 2010 | Reply

  2. kalo tips merawat kelimci biar cpet kawin caranya gimna,coale klinci q udah gede tapi blum hamil juga?????>

    Comment by arya | 15 January 2011 | Reply

    • jangan2 betina semua gak tuh kelincinya..???
      saya pernah lihat di Televisi, sepertinya hanya butuh beberapa menit untuk kelinci kawin…
      asal dempet ajah..
      dan umurnya sudah 6 bulan lebih…

      Comment by Saeful Kamal | 18 January 2011 | Reply

  3. yah, emang kalo d gendong ma d pgang knapa ga blh?? kan lucuu…

    Comment by quen | 3 February 2011 | Reply

    • klo masih kecil suka stress… ntar klo dah stress cpet sakit n die.. euuhhh

      Comment by Saeful Kamal | 18 February 2011 | Reply

  4. OHH TIDAKK, bru 1 jam beli . . .bgitu sampai drumah . . . lgsung kuberi makan wortel dari kulkas, dan dikasih air minum . . . jgn2 besok matiii . . . kelinciku

    Comment by rio | 12 August 2012 | Reply

  5. Kalo gambar di atas tips buat kelenci biar cepet puber ya om? gkgk..

    Comment by Motor Vespa | 14 October 2015 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: