Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Kelemahan Winrar

kelemahan software winrarTak ada gading yang tak retak, mungkin perumpamaan itu pantas untuk Winrar. Walaupun dikenal sebagai software archiver terbaik, ternyata Winrar juga punya kelemahan. Sebagai contoh, kita punya kebiasaan menyimpan data pribadi dengan bentuk Rar dan kita beri password. Dan kita beri nama misalnya : Secret.rar. Kadang2 kalo kita menemukan file yg menarik di internet, kita save ke database Winrar kita dgn cara men-drag file yg sudah didownload tersebut ke icon Secret.rar. Karena file Secret.rar itu sudah cukup besar (ratusan mega byte), perlu waktu sekitar 10-15 menit utk proses memasukkan file baru (yg gw donlot dr internet tsb).

Merujuk pada pengalaman teman saya, ini adalah salah satu kelemahan winrar. Saat suatu hari kita akan membuka file Secret.rar tsb utk mengambil file kita, ternyata saat kita ketik passwordnya maka akan muncul perintah salah. Berkali- kali dicoba hasilnya nihil, dan akhirnya data itu terbuang sia-sia. Apakah itu karena file kita dalam winrar yang rusak? apakah software winrar kita?

Akhirnya setelah penasaran, kita coba membuat file winrar yg cukup besar (puluhan mega) dan saya beri password seperti sebelumnya. Lalu kita drag satu file ke dalam file Winrar tersebut. Nah, saat proses adding berjalan, saya coba break, dan saya tekan tombol reset di CPU (ini sbg simulasi bhw komputer hang/restart sendiri/mati listrik/listrik turun naik). Dan apa yang terjadi? File itu tetap minta password, tapi password yg saya masukkan dinyatakan salah!

Parahnya, bukan cuma file baru tersebut yang hilang, semua file dalam file Rar tersebut juga menjadi corrupt. Akhirnya, ketemu juga kelemahan winrar. Jadi, bagi yg akan melakukan hal yang sama dengan saya, saya ada formula dan trik untuk mengakalinya:

1. Waktu adding file usahakan komputer jangan hang, tidak mati listrik dan tidak restart secara mendadak. Kalo tidak, bisa dipastikan akan mengalami hal yang sama dengan saya.

2. Usahakan file winrar kita, dipecah dalam ukuran yg agak kecil agar proses adding filenya lebih cepat, jadi resiko break/putus ditengah jalan bisa diminimalkan.

Nah, itulah sedikit tips bagaimana cara menghindari file corrupt pada Winrar. Saya belum mencoba untuk ekstensi lain seperti 7zip dll, karena dapat saya simpulkan itu merupakan bug ato kelemahan winrar. Sambil kita menunggu perbaikan dari developer Winrar yang akan datang.

[http://kartolocyber.blogspot.com/2010/07/kelemahan-winrar.html]

15 August 2010 - Posted by | Komputer |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: