Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

5 Penyebab dan Cara Cegah Kecelakaan saat Mengemudi

Sebagian besar kasus kecelakaaan di jalan raya lebih banyak disebabkan oleh keteledoran para pengemudi itu sendiri. Jadi, sebaiknya mulai sekarang Anda yang setiap hari selalu mengemudi kendaraan untuk bepergian lebih berhati-hati lagi.

Untuk menurunkan risiko Anda mengalami kecelakaan, berikut ini adalah lima hal yang harus Anda perhatikan saat mengemudikan mobil seperti dikutip dari Modern Mom.

 

1. Tertidur

US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memperkirakan sekitar 100.000 kasus kecelakaan yang dilaporkan ke polisi setiap tahun, penyebab utamanya ialah pengemudi mengantuk atau kelelahan.

Tertidur sering disebut sebagai “silent killer” karena sering diabaikan sebagai penyebab banyak kecelakaan. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kantuk ialah berhenti untuk sementara untuk istirahat, ganti pengemudi, atau istirahat cukup sebelum mengemudi.

Beberapa orang mencoba untuk memerangi kantuk saat mengemudi dengan membuka jendela atau menyalakan AC, mendengarkan radio, dan minum kafein. Tapi, menurut ahli, cara ini bisa bahaya karena konsentrasi mereka bisa teralihkan.

Jadi, sebaiknya tidurlah yang cukup, terutama malam sebelum melakukan perjalanan panjang. Ini merupakan satu-satunya cara untuk benar-benar mencegah kantuk.

2. Sambil melakukan banyak aktivitas

Semua perempuan, khususnya yang telah menjadi ibu rumah tangga, tentu pernah melakukan aktivitas ini saat mengemudi. Misalnya, memakai maskara saat berangkat ke kantor atau makan karena tidak ada waktu untuk berhenti.

Tahukah Anda, tindakan ini memang tampak tidak berbahaya. Tapi, ini sangat mengganggu dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Kalau Anda ingin melakukannya, sebaiknya menepi terlebih dulu. Lalu pakailah make-up Anda atau aktivitas lainnya yang ingin Anda lakukan.

3. Minum minuman beralkohol

Pengemudi yang minum alkohol berpotensi kecelakaan dibanding dengan mereka yang tidak minum. Minuman jenis ini dapat mengganggu fungsi visual dan konsentrasi Anda.

4. Menulis pesan singkat di ponsel

Ponsel memang memudahkan Anda untuk berkomunikasi di mana pun. Tapi, saat mengemudi, memakai ponsel bisa membahayakan keselamatan Anda di jalan.

Mengemudi memerlukan perhatian penuh. Membaca, menulis, dan mengirim teks merupakan aktivitas yang berbahaya jika dilakukan saat mengemudi.

Cara terbaik untuk menghindari godaan mengirim SMS ialah letakkan ponsel Anda dalam posisi diam atau lebih baik lagi letakkan di kursi belakang sehingga jauh dari jangkauan!

5. Emosional

Jangan emosi saat mengemudi di jalan raya. Sebab, saat emosional, pikiran Anda tidak akan terfokus di jalan. Ketika Anda kesal atau marah saat mengemudi, Anda bisa menjadi lebih agresif dan tidak takut bahaya. Jadi, sebaiknya luangkan waktu untuk beberapa saat guna menenangkan diri sebelum mengemudi.

Semoga bermanfaat ….

sumber: http://kosmo.vivanews.com/news/read/188671-lima-cara-cegah-kecelakaan-saat-mengemudi

28 November 2010 - Posted by | Otomotif |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: