Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

Beberapa Hantu Dan Setan Yang Pamornya Sudah Menurun

Sementara beberapa jenis hantu makin eksis di blantika *beuh perfilman indonesia seperti Kuntilanak, Hantu jeruk purut, pocongkkkkkk, Jelangkung dan sejenisnya, banyak pula hantu hantu lain yang pamornya makin surut. Entah karena tingkat keseremannya yang berkurang atau nilai mistisnya yang udah kagak relevan lagi buat masa sekarang. Beberapa hantu yang eksis difilmkan, pamornya udah merambah nasional dari sabang sampe merauke pasti tau apa itu pocongkkkkkkkkkk atau kuntilanak, tapi ada pula beberapa jenis hantu lokal yang namanya nda’ setenar yang lain.Berhubung saya besar di cikampek, nama nama hantu pun penyebutannya disesuaikan ma daerah saya yang kebanyakan ngomongnya sunda.Untuk informasi hantu di daerah lain bisa hubungi DPH (Dewan Penerangan Hantu) di posyandu terdekat.

1.Jurig Gonggo

Gonggo adalah sebutan bahasa sunda untuk jembatan kecil, entah darimana asalnya,di daerah saya setiap ada gonggo (jembatan kecil) pasti ada cerita mistis tentang penunggunya.saya pun nda’ mengerti kenapa hantu seneng banget diem di gonggo yang dingin en banyak nyamuk, padahal bisa aja dia diem di hotel or apartemen toh gak bakal ada yang nagih uang nginep.

Cerita orang yang di ganggu jurig gonggo ini bermacam macam, dari yang orang jalan lewat trus nyium bau bau benetton sport eh kemenyan atau denger suara kecipakan air di bawah jembatan kecil, atau pas lewat ada sosok yang jongkok di jembatan. Kebanyakan pengendara sepeda atau becak yang sering di ganggu,kalo mobil kayaknya jarang di ganggu dan membuat saya berpikir mungkin hantu gonggo itu angkatan 1900 an kebawah jadi gak tau kalo kotak beroda yang berjalan itu didalamnya ada manusia yang bisa mereka jailin,who knows.

Dan efek dari gangguan hantu ini pun sama, ketika wujudnya di tampakkan pengendera sepeda atau becak yang jadi korban dari gangguan hantu ini mengalami perasaan berat atau sulit buat mengayuh becak atau sepedahnya. rasanya seperti membawa beban yang berlipat lipat.Tapi begitu hantunya ngilang perasaat berat pun ikut sirna.

2. Lulun Samak

Lulun Samak atau Hantu Tikar biasanya diem di sungai, waktu saya kecil kalau berenang di sungai diwanti wanti kalo liat tiker mengapung jangan di ambil.Itu katanya hantu yang kalau kita ambil justru bakal kesedot tenggelem kebawa air. Hantu ini kurang eksis sekarang, selain anak anak sekarang lebih demen berenang di kolam renang juga hantunya gak mau pindah operasionalnya ke kolam renang, mungkin hantu nya agak agak alergi dengan kaporit atau pengalaman trauma dengan penjaga kolam renang

Keberadaan hantu ini semakin tenggelam karena anak anak sekarang udah gak ada yang tergoda dengan tiker yang ngambang di sungai, padahal kalau hantunya sedikit kreatif bisa aja kan jangan tiker lagi yang ngambang, mungkin Blackberry atau PSP yang ngambang di aer lebih menggoda daripada sekedar tiker.

3. Kapuk Hamalintong

Entah apa sebutannya untuk daerah lain, hantu ini di daerah saya namanya Kapuk Hamalintong (maaf mas han kalo ejaannya salah *mas hantu, salah sendiri jadi hantu namanya koq sulit di eja). Beroperasi kerumah rumah ngetukin pintu orang,pas pintu dibuka hantunya ngomong

“Tolong bukain kapas dimuka saya ”

Ngomongnya sengau sengau gitu karena idung dan muka nya ketutup kapas *saya jadi membayangkan pingkan mambo nyanyi mukanya ditutupin kapas. konon hantu ini keluar kalo orang yang di makamkan kapasnya enggak dibuka. Dan alasan penampilannya yang ga fotogenic mungkin hantu ini kalah pamor dibanding kuntilanak yang rambutnya selalu terurai dan di smoothing. Pamornya turun karena cuma kata kata itu yang di sebut, padahal bisa kan ngomong yang agak update misal pas ngetuk rumah orang

” Bagi Chip Poker dong. ”

4. Jurig Lauk

Jurig lauk atau Hantu Ikan biasanya beroperasional di kolam kolam ikan atau pemancingan. Biasanya yang banyak ditemuin para pemancing. Menampakan diri dalam bentuk cahaya yang terbang di atas kolam, katanya sih itu arwah ikan yang udah meninggal yang umurnya sudah tua banget. Kadang selain ditunjukin dalam bentuk cahaya dia berwujud dalam bentuk ikan besar yang kepancing orang,dan pemancing tahu,kalo nemu ikan trus mata ikan nya berkedip diyakini itu adalah ikan hantu. Kasihan sekali nasib jadi ikan, sekalinya kedip di anggap hantu. bisa aja dia iritasi karena kelamaan di aer.

5. Kiciwis

Hantu ini biasanya diwujudkan dalam bentuk kucing atau kuda. beroperasional malam hari, biasanya orang yang ditampakan mahluk ini awalnya seperti melihat kucing biasa, setiap kita menengok kucing itu ukurannya bakal semakin membesar sampai seukuran kuda. Jaman sekarang udah jarang orang yang liat, karena mungkin kucing asli pun udah biasa ukuran nya gede gede gitu. padahal kalau masih pengen eksis bisa aja dia wujudnya bukan kucing, sekali kali jadi TV kek, pas diliat 14 inch, trus membesar jadi 32 inch, lumayan buat yang pengen nonton bola tapi ga punya tipi.

6. Centring Manik

Hantu ini diwujudin dalam bentuk nenek nenek atau wanita yang selalu berpakaian merah, diwaktu lain kadang berwujud ular buntung. Mitos centring Manik dipercayai masih ada hubungannya dengan kisah Prabu Siliwangi.

7. Aden Aden

Kalau anda sedang naek mobil atau motor ada yang ikut numpang, ajaklah dia ngobrol. kalau ucapan enggak jelas (orang sunda nyebutnya bindeng) lihat muka dia, kalo idungnya gak ada en mukanya mirip macan itulah Aden aden. Biasanya hantu ini senengnya gangguin orang dengan cara numpang numpang gitu trus ngobrol ma pengemudi sampe pengemudi sadar kalo yang di ajak ngobrol kayak orang ga punya idung. Hantu ini dah jarang ditemuin, mungkin karena cicilan motor udah murah kayaknya dia ngambil motor. Malu kayaknya, udahmah jadi hantu tapi bepergian masih numpang ma orang.

8. Angkot Setan

Pernah diceritakan seorang nenek nenk naek angkot sendirian di kota bandung yang sedang hujan deras.Turun di depan mesjid Cipaganti. Ngasihin ongkos sepuluh ribuan, karena malam malam nan gelap dan mungkin si supir berpikir penumpangnya sudah tua dia langsung tancap gas tanpa ngasih kembalian. Nenek pun berteriak

‘ Angkot Setaaaaannn !!! ‘

Angkot setan kayaknya di beberapa daerah masih ada.

 

Sumber : Uno! Kaskus.us

17 March 2011 - Posted by | Cuap-Cuap |

6 Comments »

  1. ngakaak abis gan,…….!!!!!!!!

    Comment by kilua | 27 April 2011 | Reply

  2. haha lucu..lucu..kalau ditempat saya banyak jenis hantu yg juga kurang populer gan, salah satu-nya gundul pecengis, ga tau apa sebabnya mungkin udah jarang yg pelihara ayam atau nanem pohon kelapa

    Comment by Falseter | 27 April 2011 | Reply

  3. Hahahahaaaaa…….cerita serem yg dibikin seru n lucu…aku aja yg penakut bs baca sampe habis….padahal biasanya mah ogah yah suruh baca cerita hantu…. :p

    Comment by citraazalea | 3 October 2011 | Reply

  4. Ada-ada aja gan😀
    Hantu dan setan punya pamor juga ternyata.

    Comment by Bejubel | 5 October 2011 | Reply

  5. kocak abiiis . . .
    Kreatif luu gan . .

    Comment by god_of_war31 | 15 December 2011 | Reply

  6. huahahaha… jadi sono ka aden-aden euy….

    Comment by andi nuwa bagong | 24 November 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: