Saeful Base Camp

OcehanBocahDiTengahRimbaNyaDunia

7 Mitos di Indonesia dan Logika Masuk Akalnya

Mitos dipercaya sebagai ajaran nenek moyang tentang apa yang tidak boleh dilakukan agar tidak tertimpa daerah. Di kota – kota besar, mitos sudah diangga sebagai isapan jempol belaka. Tetapi di pedesaan masih banyak yang mempercayai mitos walaupun secara logika tidak masuk akal. Berikut penjelasan masuk akal 7 mitos terpopuler di Indonesia.

1. Kalau malam tiba dilarang berdiri di bawah pohon agar tidak dibius setan
Seseorang bisa saja pingsan saat berada di bawah pohon besar di malam hari. Ke

jadian ini tidak ada hubungannya pana sekali dengan dibius setan. Pada siang hari tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk bernafas, tetapi pada makan hari tumbuhan membutuhkan oksigen untuk bernafas. Manusia memerlukan oksigen untuk bernafas, jadi proses pernafasan manusia akan terganggu ketika berada di bawah pohon pada malam hari.

2. Tertimpa cicak tandanya sial
Sial di sini maksudnya dari tertimpa cicak itu sendiri. Siapa yang tidak sial kalau sedang enak – enak duduk tiba – tiba tertimpa cicak.

3. Jangan memakai sesuatu yang tajam di malam hari, pamali
Mungkin mitos ini muncul sebelum adanya listrik, jadi rasa orang tua melarang anaknya untuk tidak menggunakan benda tajam di malam hari. Kalau sekarang kan sudah ada listrik, buat apa mempercayai mitos ini.

4. Jangan memakai payung pada makan hari tanpa alasan
Jelas tidak disarankan, jika Anda melakukannya pasti akan disangka orang gila. Tidak panas tidak hujan tetapi memakai payung.

5. Wanita tidak boleh duduk di depan pintu
Zaman dahulu wanita masih menggunakan rok, belum ada yang memakai celana. Jadi, kalau ada wanita yang duduk di depan pintu pasti akan terlihat…ya gitu deh. Pasti banyak mengundang hawa nafsu.

6. Jangan bersiul pada malam hari
Maksudnya adalah agar tidak mengganggu orang – orang yang sedang tidur.

7.  Memakai payung di dalam rumah berarti sial
Ya sial kalau lagi ada banyak orang di dalam rumah dan kita memakai payung. Mungkin orang – orang di sekitar Anda akan merasa terganggu atau tercolok matanya.

Demikian penjelasan masuk akal dari mitos 7 mitos terpopuler di Indonesia. Para  nenek moyang menganggapnya sebagai pamali atau ora ilok kalau orang Jawa bilang. Sebagai orang yang beragama, khususnya Islam tidak boleh mempercayai ramalan atau semacamnya karena hidup dan mati berada di tangan Tuhan, bukan nenek moyang.

http://blogseven77.blogspot.com/2010/10/7-mitos-di-indonesia-dan-logika-masuk.html

About these ads

6 October 2010 - Posted by | Lintas Informasi |

36 Comments »

  1. lho….. kok bisa sih?????

    Comment by Asnu nunu | 26 May 2011 | Reply

  2. kok gitu yah???????????????/

    Comment by nandar | 26 May 2011 | Reply

  3. Emang bener ya. . ,
    taphe qhetea tinggeal serahin ama yang diataz yatoek. . . .3x

    Comment by Mai | 27 May 2011 | Reply

  4. haha., gOkiL..!

    Comment by moerzid | 1 June 2011 | Reply

  5. apa betuuuul !!!!!!

    Comment by nara | 3 September 2011 | Reply

  6. oooooooooooooooooooo………yeahhhhhh

    Comment by 123456778 | 26 September 2011 | Reply

  7. aneh bangett yaa –”

    Comment by Desy Simanjuntak | 27 October 2011 | Reply

  8. Betul…btul….btul,.
    Yap kd boleh to dpercaya
    Hee

    Comment by Maria | 30 October 2011 | Reply

  9. wahhhahahahahahahah mantap…

    Comment by gea | 7 November 2011 | Reply

  10. Bener g thu ?

    Comment by deden ilham | 3 December 2011 | Reply

  11. kalau bersiul d malam hari sih karena
    dalam agama islam siul itu adalah musik
    setan,,,,,kan g baik apa lagi malam hari
    setan lagi banyak bergentayangn
    he he

    Comment by rama | 7 December 2011 | Reply

  12. kalau kejatuhan pupnya burung apa artinya

    Comment by dona yulia | 9 January 2012 | Reply

  13. setuju…………

    Comment by imam | 5 February 2012 | Reply

  14. untuk yg nomor 5, sebenarnya ada alasan yg lebih logis.
    angin yang lewat melalui celah pintu itu berbahaya bagi kesehatan. itu tempat dimana angin lewat. (angin yg berasal dari halaman rumah, masuk ke dalam rumah /ruangan satu ke ruangan lainnya)
    anda pasti pernah mendengar “angin duduk” kan ? nah itu lah yang sebenarnya dikhawatirkan orang tua kita.
    cheers~

    Comment by nic | 14 February 2012 | Reply

  15. peeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttttt~))

    Comment by indah novita sari | 14 February 2012 | Reply

  16. ya bener jga sich! tp sbagai warga negara yg baik kta hrus hormati donk, kpecayaan org lain. hhheehe

    Comment by Ria | 19 February 2012 | Reply

  17. bener banget tpi za klau boleh tau . gmna mtos spsang kksih gk blh kluar mlm hry

    Comment by anam gendut | 1 March 2012 | Reply

    • Ya maklum aja orang jaman dulu , apabae dah dipercaya ;D LOL !!

      Comment by GORJESSPAZZER | 5 July 2012 | Reply

  18. kata nenek q juga gtu… betul itu…….

    Comment by aamrila | 9 March 2012 | Reply

  19. Wanita tidak boleh duduk di depan pintu ,,,eMang nTar TrLihat apa,Nya,,,???

    Comment by Suatz PZrb Nax SpanZa | 28 March 2012 | Reply

  20. betul juga sih (^o^”)

    Comment by ilham nugraha putra | 16 May 2012 | Reply

  21. Ada lagi,
    > Kalo nguleg sambel/bumbu, jari telunjukny gak boleh nunjuk. Logikany, kalo ujung jari ny kena sambel, ntar bs kpedesen jariny… :-)
    > biasany yg seperti itu, yg dsebutkan d atas juga, itu (sepengetahuanku) BUKAN mitos, tp sesuatu yg kata org Jawa “Ora ilok” ato “ora elok” yg berarti “Tidak indah” ato “Tidak bagus” ato “Tidak baik”.
    itu adl hal2 yg tidak baik dilakukan, bukan mitos.
    kalo mitos, mungkin malah yg berhubngan dg makhluk2 macam nyi roro kidul, penunggu gunung, dll gitu…
    Mungkin, lho, Mungkin…
    :-)
    Salam kenal…

    Comment by Hazuki Auryn | 23 June 2012 | Reply

  22. LOL :DD !!!

    Comment by GORJESSPAZZER | 5 July 2012 | Reply

  23. gokil………..

    Comment by budi | 8 July 2012 | Reply

  24. Gan, sprtinya agan blm prnh cobain, mitos yg no.4 . . !

    emg mitos nomr yg lainya logis…
    tapi no.4 itu hmpr sluruh org d pulau jawa percaya. . .!

    Comment by aiueo | 10 July 2012 | Reply

  25. nenek gw jg prnh blg gtu ma gw.

    Comment by LYLY | 7 August 2012 | Reply

  26. belive or not

    Comment by gionick_best | 20 August 2012 | Reply

  27. haha… tercolok bahasa mana? :D

    Comment by savinka | 25 August 2012 | Reply

  28. wkwkwkkw mantap2,,,

    Comment by stevenli | 7 September 2012 | Reply

  29. Reblogged this on gumbringas.

    Comment by madjied | 26 September 2012 | Reply

  30. bner bngetzz….

    Comment by riana | 26 September 2012 | Reply

  31. kkkkoooooonnjnntttootototottotllllllll

    Comment by tamao seriezawha | 28 September 2012 | Reply

  32. tambah satu juga, jangan bersisiran di kala menjelang malam…

    Comment by Jefry | 25 November 2012 | Reply

  33. numpang copast gan.

    Comment by ilham | 29 November 2012 | Reply

  34. kata mama aq pakai payung dalam rumah salah satu akan ada yang ninggal dunia.

    Comment by livia tifanny | 4 February 2014 | Reply

  35. Percaya ga percaya .

    Comment by Yyanih ceue cengeng | 13 July 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 87 other followers

%d bloggers like this: